Ceria Berlebaran Walaupun Tak Mudik

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
11 April 2022, 13:49
Ada berbagai kegiatan dapat dilakukan agar Idul Fitri Anda tetap semarak meskipun tak mudik.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.

Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik pada perayaan Idul Fitri tahun ini. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Karena alasan-alasan tertentu, ada orang-orang yang tidak berkesempatan untuk merasakan kehangatan berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Agar tetap khidmat dan ceria pada hari kemenangan, Anda bisa melakukan berbagai hal di tanah rantau. Berikut aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan meski tidak mudik:

1. Memasak bersama

Memasuki Bulan Syawal, kurang pas rasanya jika tidak menyuguhkan ragam makanan khas Idul Fitri. Membuat suguhan seperti opor ayam, sambal goreng ati, ketupat, semur dan camilan kering bisa menjadi pilihan untuk untuk mengisi waktu libur Anda. Selain dapat menghemat waktu, memasak bersama keluarga, teman, atau tetangga juga dapat menumbuhkan kebersamaan.

2. Mendekorasi rumah

Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah membersihkan rumah dan mendekorasinya untuk memunculkan suasana Lebaran. Nuansa hijau dan simbol ketupat sebagai ornamen yang identik dengan suasana Lebaran dapat menjadi ide dekorasi.

Kegiatan ini akan menyenangkan ketika dilakukan bersama anggota keluarga di rumah. Khususnya, bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Selain menghilangkan kebosanan, aktivitas dekorasi juga dapat membantu anak mengembangkan kreativitasnya.

3. Memakai baju seragam

Selain makanan dan ornamen rumah, baju seragam menjadi hal yang identik dalam merayakan hari raya. Berdandan dan menggunakan pakaian terbaik dapat membuat suasana Lebaran kian semarak. Tak lupa, dokumentasi berupa foto bisa disebarkan di media sosial untuk berbagi keriaan dari jarak jauh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...