5 Cara Mengukur Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
18 April 2022, 16:33
Cara mengukur sofa
Ruparupa.com

Sofa merupakan salah satu perabot wajib yang perlu ada di rumah untuk duduk. Selain tempat duduk, ternyata sofa juga bisa sebagai tempat tidur dan pembatas ruangan untuk rumah minimalis.

Untuk itulah, memilih sofa tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu perlu mengetahui ukuran sofa terlebih dulu agar tidak membuat ruangan jadi lebih sempit. Nah, agar tidak salah pilih, ikuti panduan berikut ini.

1. Ukur Tinggi dan Panjang Sofa
Sebelum memutuskan membeli sofa, kamu perlu mengukur tinggi dan panjang sofa terlebih dulu agar cocok dengan luas ruangan.

Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan alat pengukur untuk menghitung tinggi lengan sofa, panjang sofa dari kiri ke kanan, serta ketinggian sofa.

Pada ruang tamu berukuran 4 x 6 m, biasanya ukuran sofa yang ideal adalah sofa tiga dudukan dengan panjang 180-235 cm dan tinggi 71 cm.

2. Ukur Kedalaman Sofa
Dengan mengukur kedalaman sofa, kamu bisa mengetahui seberapa besar dudukan pada sofa. Agar lebih mudah, kamu bisa mengukur dari bagian depan sampai belakang sofa.

Jadi, jika kamu suka duduk bersandar, pilihlah sofa dengan ukuran kedalaman yang agak kecil. Sebaliknya, kalau kamu lebih suka duduk tegak, maka kamu bisa memilih ukuran kedalaman yang lebih besar.

3. Ukur Diagonal Sofa
Diagonal sofa dapat diukur dari titik tertinggi antara sandaran sofa dan lengan sofa sampai ke bagian bawah sudut sofa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...