Mengintip 4 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik

Image title
11 Agustus 2022, 11:15
sepeda fixie terbaik, sepeda fixie, sepeda
Unsplash
Ilustrasi, sepeda fixie.

Sepeda fixie terbaik menjadi idaman banyak kalangan, terutama orang-orang yang hobi bersepeda. Bentuknya yang ramping dan enteng membuat sepeda ini sangat diminati oleh banyak kalangan.

Sebutan fixie, merupakan istilah slang untuk fixed gear atau gigi tetap. Meski memakai fixed gear, sepeda fixie memiliki perbedaan mendasar dibandingkan sepeda single speed lain, seperti BMX misalnya.

Perbedaan mendasar dengan sepeda single speed lain, adalah sepeda fixie menggunakan mekanisme freewheel, di mana ketika roda bergerak, pedal juga ikut bergerak. Mekanisme yang dimiliki sepeda fixie ini, membuat kaki pengendara tidak bisa berhenti mengayuh, atau melakukan coasting (posisi pedal diam) ketika roda berputar.

Sekilas Sepeda Fixie

Seperti telah disebutkan sebelumnya, sepeda fixied merupakan jenis sepeda yang menggunakan mekanisme fixed gear. Sepeda ini juga kerap disebut sepeda doltrap, yang berasal dari bahasa Belanda "doortrapper", yang dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai fixed gear.

Pada mulanya, sepeda fixed gear hanya digunakan pada perlombaan, yakni balap sepeda track yang diadakan pada lintasan velodrome. Oleh karena itu, sepeda ini juga disebut dengan istilah sepeda track. Biasanya, produsen sepeda membuat seri ini untuk profesional.

Sepeda fixie digunakan untuk balap track di velodrome, karena tidak menempuh jarak yang jauh, serta membutuhkan kecepatan yang stabil. Dengan sepeda ini, pembalap dapat menjaga kecepatannya karena "dipaksa" untuk tidak berhenti mengayuh.

Selain pada cabang balap sepeda track, sepeda fixed gear juga sering digunakan pembalap untuk berlatih. Dengan menggunakan sepeda fixie, pembalap akan dilatih untuk menjaga irama pedalling atau sering diistilahkan cadence.

Pada umumnya, sepeda fixie dicirikan dengan ban ukuran kecil, yakni 700 x 23c, tanpa pindahan gigi atau single speed, dan memiliki warna yang mencolok.

Sepeda fixie sangat populer di kalangan yang sangat menyukai estetika sepeda. Sebab, sepeda yang menggunakan fixed gear membuka peluang untuk meningkatkan kemampuan bersepeda, dan memodifikasi tampilan dan daya tariknya. Kesederhanaan sepeda fixie menciptakan gaya yang sangat simple, yang dapat lebih diekspresikan dalam berbagai cara.

Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik

Ada banyak jenis sepeda fixie yang beredar di pasar. Namun, hanya beberapa layak menyandang predikat sepeda fixie terbaik, karena memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan jenis lainnya.

Berikut ini adalah empat rekomendasi sepeda fixie terbaik, dilansir dari mybest.id dan Tokopedia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, yang dapat dipertimbangkan oleh kalangan yang hobi bersepda.

1. Litus Bike

Sepeda ini masuk dalam jajaran sepeda fixie terbaik, karena memiliki pilihan warna yang bervariasi, dan model frame yang sporty. Kekurangannya, sepeda ini masih menggunakan bahan besi, sehingga rentan berkarat.

Sepeda fixie ini dijual dengan warna frame yang warnanya bisa di-request sesuai selera. Dengan begitu, sepeda yang dimiliki dapat dikatakan sebagai limited edition, karena pilihan warna yang dipilih tidak sama antara orang yang satu dengan yang lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...