15 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
17 November 2021, 17:13
15 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.
Warga mengayuh sepedanya di jalan kawasan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (15/5/2021). Pada hari ketiga lebaran mulai banyak warga bersepeda lagi di kawasan jalur menanjak lembah Gunung Wilis tersebut setelah selama bulan Ramadhan sepi dari kegiatan bersepeda.

Semenjak pandemi bersepeda menjadi olahraga yang banyak dilakukan. Dari data yang ada di Databoks menyebutkan sebanyak 31,1% masyarakat melakukan aktivitas bersepeda selama pandemi. Sebagai salah satu jenis olahraga, manfaat bersepeda tentu sangat beragam. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Bersepeda merupakan olahraga yang relatif ringan sehingga cocok untuk pemula, penyandang obesitas, dan orang-orang yang rentan mengalami cedera. Meskipun ringan, bukan berarti aktivitas fisik ini tidak bermanfaat.

Justru sebaliknya, banyak manfaat yang didapat dari bersepeda. Mengutip dari hellosehat.com dan sehatq.com, berikut manfaat bersepeda untuk kesehatan.

1. Menurunkan berat badan

Bersepeda ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab olahraga ini bisa meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak.

Olahraga bersepeda juga bisa membakar kalori secara alami. Jumlah kalori yang terbakar sesuai dengan durasi, jarak, dan kecepataan saat mengayuh sepeda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari bisa membakar 5 kg lemak dalam setahun.

Dengan melakukan olahraga ini secara rutin ditambah dengan konsumsi makanan sehat maka berat badan bisa cepat turun.

2. Mencegah risiko darah tinggi

Manfaat bersepeda bagi tubuh lainnya yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Science Medicine menyebutkan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu bisa memperbaiki tekanan darah. Olahraga ini juga dapat memberpaiki kesehatan sirkulasi darah.

3. Mencegah penyakit jantung

Bersepeda juga diketahui bisa memperbaiki kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Olahraga ini dipercaya bisa menguatkan otot jantung dan mengurangi lemak dalam darah.

4. Mencegah kanker

Manfaat bersepeda untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah kanker. Manfaat tersebut dapat diperoleh apabila diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap.

Bagi penderita kanker yang sedang dalam fase pemulihan, bersepeda juga juga bisa mengurangi efek samping dari obat kanker. Dengan demikian kualitas hidup juga bisa lebih meningkat.

5. Mengurangi risiko diabetes

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, maka bisa menghindari risiko diabetes. Bersepeda lebih dari 30 menit per hari dapat membantu Anda terhindari dari risiko dan penyakit lainnya.

6. Menambah kekuatan, keseimbangan, dan kordinasi tubuh

Postur tubuh tegak selama bersepeda bisa membantu menambah kekuatan, keseimbangan, dan kordinasi tubuh. Keseimbangan yang didapat berguna untuk menghindari risiko jatuh dan patah tulang.

Aktivitas bersepeda juga berguna bagi penderia osteroarthritis. Sebab bisa membantu memberikan sedikit tekanan pada sendiri.

7. Memelihara kesehatan sendi

Manfaat bersepeda selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan sendi. Olahraga ini juga aman bagi penderita nyeri sendi dan kaku tubuh bagian bawah karena faktor usia. Bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak akan membebani sendi.

Sebab ketika bersepeda, berat badan bertumpu pada tulang panggul. Berbeda dengan olahraga jogging yang bertumpu pada kedua kaki sehingga lebih berisiko menyebabkan cedera.

8. Mengatasi gangguan kesehatan mental

Bersepeda ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Sebab saat bersepeda atau aktivitas fisik lain, tubuh akan menghasilkan hormon dopamin.

Hormon tersebut berguna untuk memunculkan rasa bahagia, meredakan stres, mengatasi depresi, dan mencegah gangguan kecemasan. Sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa orang yang rutin bersepeda lebih sedikit mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan orang yang melakukan olahraga lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...