Tiga Jenis Sepeda Paling Populer di Kalangan Warganet

Kegiatan bersepeda semakin diminati di tengah pandemi corona. Hal itu terlihat dari meningkatnya pencarian kata kunci sepeda di internet.
Image title
17 Juli 2020, 10:22
sepeda, internet, warganet, netizen, psbb
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi, warga mengendarai sepeda lipat di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/3/2020). Ada tiga jenis sepeda yang paling populer di kalangan pengguna internet.

Aktivitas bersepeda semakin diminati selama pandemi corona. Masyarakat mengandalkan bersepeda untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi kebosanan selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Riset dari situs meta-search iPrice menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia menggunakan sepeda lipat untuk alat olahraga dan kebugaran tubuh, dan alternatif mode transportasi darat dalam kota.

Menurut iPrice, ada tiga jenis sepeda yang banyak dicari pengguna internet. Salah satunya sepeda lipat atau folding bike .

Tingkat pencarian untuk kata kunci (keyword) sepeda lipat memang belum begitu melonjak pada Maret 2020 saat awal pandemi corona di Indonesia. Popularitas keyword sepeda lipat menggunakan Google Keyword Planner pada Maret 2020 hanya mendapatkan tingkat ketertarikan sebesar 90.500.

Pencarian kata kunci sepeda lipat mulai naik pada April 2020 hingga 82% menjadi 165.000. Padahal, April 2020 merupakan awal mula diterapkannya PSBB pada sebagian besar provinsi di Indonesia.

Pada Mei 2020, ketertarikan pencarian di internet untuk sepeda lipat stabil. Kemudian, pada Juni 2020 meningkat drastis untuk pencarian keyword sepeda lipat. Peningkatan pencarian tercatat hingga 644% dibanding Maret 2020 dengan jumlah 673.000. 

(Baca: Kewajiban dan Larangan dalam Rancangan Aturan Bersepeda)

Jenis sepeda kedua yang banyak dicari pengguna internet yakni sepeda gunung (mountain bike). Tingkat ketertarikan pencarian untuk kata kunci sepeda gunung meningkat hingga 680% sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020. Ketiga, sepeda anak (kids bicycle) dengan tingkat ketertarikan pencarian yang meningkat sejak 1 Maret sampai saat ini sebesar 142%. 

Di sisi lain, iPrice menyatakan 60% dari pasar sepeda saat ini dikuasai sepeda lipat, 30% untuk pasar sepeda gunung, sedangkan sisanya merupakan produk lain seperti sepeda kota dan sepeda untuk anak-anak. iPrice juga mencatat pencarian kata kunci sepeda lipat tertinggi ada di Jawa Barat sebesar 19,4%.

Kemudian, Jawa Tengah sebesar 17,7% dan DKI Jakarta sebesar 16,7%. Platform yang banyak digunakan pengguna dalam mencari sepeda yaitu 92,4% melalui mobile, 7% melalui desktop, dan 0,6% melalui tablet.

iPrice menggunakan metodologi riset dan pengambilan data dari Google Trends. Data ketertarikan pencarian yang paling dicari konsumen Indonesia dianalisis selama periode 1 April hingga 30 Juni 2020.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait