Mencermati 6 Cara Menghilangkan Karat pada Sepeda

Image title
12 Agustus 2022, 13:38
cara menghilangkan karat pada sepeda
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi, warga menuntun sepeda saat melintasi jalan yang banjir.

Cara menghilangkan karat pada sepeda merupakan informasi yang penting diketahui, tidak hanya bagi mereka yang hobi bersepeda. Namun, juga untuk orang awam pada umumnya, yang menggunakan sepeda untuk aktivitas.

Sebagai informasi, karat yang terjadi pada sepeda umumnya diakibatkan oleh korosi akibat terkena air maupun sinar matahari yang terik. Umumnya, karat muncul pada bodi sepeda maupun di area rantai. Hal ini jelas cukup mengganggu, sebab selain membuat tampilan jelek, performa sepeda juga akan menurun.

Oleh karena itu, informasi mengenai cara menghilangkan karat pada sepeda penting diketahui. Memang, cara yang terbaik adalah mencegah karat terjadi pada bodi atau rantai sepeda. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, maka informasi ini menjadi perlu, sehingga sepeda yang berkarat bisa direstorasi, dan bisa kembali digunakan.

Cara Menghilangkan Karat pada Sepeda

Ada beberapa cara menghilangkan karat pada sepeda yang bisa dilakukan. Berikut ini, sejumlah cara menghilangkan karat pada sepeda dengan sejumlah dari bahan alami dan kimia yang dilansir dari qoala.com.

1. Menggunakan Lemon

Salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda secara alami, adalah menggunakan bahan yang mengandung lemon. Bahan ini mudah didapatkan, bahkan di dapur sekalipun. Air perasan jeruk lemon, tergolong ampuh mengangkat kotoran, termasuk menghilangkan karat.

Cara menghilangkan karat pada sepeda dengan menggunakan lemon sangat mudah. Anda hanya perlu menggosokkan lemon yang telah dipotong pada bagian sepeda yang berkarat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan baking soda agar karat lebih mudah rontok. Setelah didiamkan beberapa saat, kemudian gosok permukaan sepeda yang berkarat agar bersih maksimal.

2. Menggunakan Cuka dan Baking Soda

Cara menghilangkan karat pada sepeda berikutnya, adalah dengan menggunakan cuka dan baking soda. Kedua bahan ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan karat pada permukaan besi seperti sepeda. Cara ini sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh menghilangkan karat pada sepeda.

Ada beberapa langkah menghilangkan karat pada sepeda. Pertama, campurkan cuka dan baking soda. Kemudian, aduk sampai kedua bahan tersebut menyatu. Lalu, oleskan campuran cairan tersebut pada bagian sepeda yang berkarat dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok menggunakan sikat atau lap agar karat terangkat sempurna.

3. Menggunakan Minuman Bersoda

Minuman bersoda ternyata juga menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda yang ampuh. Menghilangkan karat pada sepeda menggunakan minuman bersoda ini, bisa dilakukan untuk bagian yang bisa dibongkar pasang, seperti rantai atau baut sepeda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...