4 Cara Membersihkan Karat pada Perabot Besi dan Logam

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
18 Maret 2022, 11:14
Rak besi
ruparupa.com

Melihat perabot logam dan besi di rumah berkarat memang menyebalkan. Selain merusak penampilan, perabot berkarat ini juga membuatnya jadi rusak.

Namun, tidak perlu khawatir karena kita bisa membersihkannya dengan mudah,lho. Cukup memakai bahan dapur di rumah, kamu bisa membuat perabot dari besi dan logam terlihat baru lagi. Simak caranya berikut ini.

1. Rendam dengan cuka putih
Kandungan asam pada cuka dapat membantu kamu menghilangkan karat pada besi dan logam. Cukup rendam barang yang berkarat ke dalam wadah berisi larutan cuka dan biarkan selama semalaman. Kemudian, bersihkan bekas karat menggunakan sikat baja atau kawat.

Jika masih ada sisa karatan pada besi, kamu bisa mengulangi langkah yang sama sampai karat benar-benar hilang. Setelah semua karat hilang, bilas secara menyeluruh menggunakan sabun dan air mengalir. Terakhir, kamu bisa mengeringkannya agar tidak timbul karat baru.

2. Oleskan campuran soda kue, garam, dan lemon
Selain cuka putih, kamu juga bisa menggunakan campuran garam dan soda kue untuk menghilangkan karat. Siapkan setengah sendok teh garam dan soda, lalu tambahkan air perasan lemon. Campur rata semua bahan tersebut dan diamkan sekitar dua jam.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bagian barang yang berkarat. Diamkan sampai secara perlahan karat pada besi memudar, bahkan menghilang.
Setelah sudah menghilang, kamu dapat membersihkannya kembali menggunakan air mengalir. Terakhir, kamu bisa mengeringkannya memakai kain mikrofiber.

3. Gosok dengan amplas
Amplas merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan benda. Ternyata, amplas juga bisa membantu menghilangkan karatan pada besi atau logam, lho.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...