4 Cara Membersihkan Karat pada Perabot Besi dan Logam

Karat pada perabot besi dan logam bisa dihilangkan dengan bahan-bahan yang ada di rumah
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
18 Maret 2022, 11:14
Rak besi
ruparupa.com

Melihat perabot logam dan besi di rumah berkarat memang menyebalkan. Selain merusak penampilan, perabot berkarat ini juga membuatnya jadi rusak.

Namun, tidak perlu khawatir karena kita bisa membersihkannya dengan mudah,lho. Cukup memakai bahan dapur di rumah, kamu bisa membuat perabot dari besi dan logam terlihat baru lagi. Simak caranya berikut ini.

1. Rendam dengan cuka putih
Kandungan asam pada cuka dapat membantu kamu menghilangkan karat pada besi dan logam. Cukup rendam barang yang berkarat ke dalam wadah berisi larutan cuka dan biarkan selama semalaman. Kemudian, bersihkan bekas karat menggunakan sikat baja atau kawat.

Jika masih ada sisa karatan pada besi, kamu bisa mengulangi langkah yang sama sampai karat benar-benar hilang. Setelah semua karat hilang, bilas secara menyeluruh menggunakan sabun dan air mengalir. Terakhir, kamu bisa mengeringkannya agar tidak timbul karat baru.

2. Oleskan campuran soda kue, garam, dan lemon
Selain cuka putih, kamu juga bisa menggunakan campuran garam dan soda kue untuk menghilangkan karat. Siapkan setengah sendok teh garam dan soda, lalu tambahkan air perasan lemon. Campur rata semua bahan tersebut dan diamkan sekitar dua jam.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bagian barang yang berkarat. Diamkan sampai secara perlahan karat pada besi memudar, bahkan menghilang.
Setelah sudah menghilang, kamu dapat membersihkannya kembali menggunakan air mengalir. Terakhir, kamu bisa mengeringkannya memakai kain mikrofiber.

3. Gosok dengan amplas
Amplas merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan benda. Ternyata, amplas juga bisa membantu menghilangkan karatan pada besi atau logam, lho.

Caranya dengan menggosok benda berkarat menggunakan amplas secara perlahan ke seluruh permukaannya. Namun, hindari menggosoknya terlalu keras agar perabot tidak rusak. Setelah beberapa saat, kamu akan melihat karatan memudar dan hilang.

4. Oleskan dengan campuran kentang dan sabun cuci piring
Benarkah Campuran kentang dan sabun cuci piring bisa menghilangkan karatan pada besi? Jawabannya bisa, asalkan kamu mencampurkan kedua bahan ini dengan merata.

Caranya potong kentang kecil-kecil, lalu blender sampai halus. Kemudian, campurkan kentang dengan sabun cuci piring dan aduk hingga merata.

Tunggu sekitar 10-20 menit, lalu gosok campuran tersebut ke atas benda yang berkarat. Setelah itu, kamu bisa mendiamkan selama beberapa saat dan cuci bersih menggunakan air mengalir.

Nah, itu dia cara menghilangkan karatan pada benda besi dan logam yang dapat kamu coba. Agar tidak mudah karatan, pastikan kamu memilih perabot yang berkualitas, seperti lemari atau rak besi , yang telah memiliki lapisan antikarat.

Kamu dapat menemukannya berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas hanya di Ruparupa. Situs ini juga menjual produk-produk dengan merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait