7 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan Tubuh

Dwi Latifatul Fajri
18 Agustus 2022, 17:54
Manfaat Sorgum untuk kesehatan
pixabay.com/Bishnu Sarangi
Ilustrasi Sorgum

Manfaat sorgum sebagai tanaman yang tumbuh di Ethiopia, Afrika Timur sangat beragam, khususnya untuk kesehatan. Sorgum termasuk bahan pangan utama yang berada di urutan kelima setelah padi, jagung, gandum, dan barley. Meskipun begitu, pemanfaatan sorgum sebagai bahan pangan di Indonesia, cenderung masih terbatas.

Mengutip buku Pembangunan Pertanian, sorgum awalnya diproduksi untuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia pada 1970. Petani di Nusa Tenggara Timur, menanam sorgum sebagai tanaman prioritas kedua setelah jagung. Penyebabnya karena daerah yang memiliki musim hujan singkat, sistem irigasi terbatas, dan kondisi lahan kurang subur.

Sorgum termasuk varietas hibrida yang tahan terhadap hama. Manfaat sorgum cukup beragam, mengingat tanaman ini menghasilkan pati atau gula. Biji sorgum mengandung tepung atau pati tinggi, sedangkan batangnya memiliki kandungan nira. Biasanya nira dipakai untuk pembuatan gula dan bioetanol. Sehingga sorgum bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan seperti jagung, singkong, atau bahan biomassa.

Keunggulan Tanaman Sorgum

Salah satu keunggulan tanaman sorgum yaitu mudah dibudidaya, punya kemampuan adaptasi, tahan terhadap kekeringan, dan produktivitas tinggi. Selain itu sorgum punya keunggulan lebih dari tanaman tebu. Mengutip buku Peta Jalan Litbang Bahan Bakar Nabati, berikut keunggulan dan manfaat sorgum:

  • Produksi biji dan biomassa lebih besar dibanding tebu. Sorgum menghasilkan biji dan nira dari batang. Sedangkan tebu tidak menghasilkan biji.
  • Sorgum dapat ditanam di lahan yang kering, berbeda dengan tebu yang harus ditanam di lahan yang tingkat kesuburannya tinggi. Tanaman sorgum lebih tahan terhadap tanah kering, salinitas dan genangan air
  • Kebutuhan air dan pupuk sorgum lebih kecil dibanding tebu.
  • Proses fotosintesis sorgum lebih tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat sekitar tiga sampai empat bulan. Sedangkan tebu membutuhkan masa tanam lebih dari 10 bulan
  • Tanaman sorgum dapat dibudidaya melalui tunas batang

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Sorgum termasuk tanaman biji-bijian untuk kebutuhan pangan. Dari penjelasan diatas, sorgum mengandung pati dan nira yang baik untuk tubuh. Selain itu sorgum mengandung kalori (163), protein (5gr), serat (3gr), karbohidrat (36gr), dan lemak (2gr).

Mengutip dari Webmd.com, sorgum mengandung zat besi sekitar 12 % kebutuhan harian. Zat besi yang terkandung yaitu fosfor, mangan, magnesium, kalium, vitamin B6, dan tiamin. Beberapa penelitian menemukan manfaat sorgum untuk tubuh, berikut daftar manfaatnya:

1. Menurunkan Berat Badan

Sorgum mengandung pati dalam bijinya. Sehingga sorgum membantu memberikan rasa kenyang untuk tubuh. Sorgum termasuk makanan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga kalori.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...