7 Manfaat Minum Kopi untuk Wajah dan Kulit Berdasarkan Studi

Image title
8 Agustus 2022, 08:50
Ilustrasi, secangkir kopi. Manfaat minum kopi untuk wajah termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan, menenangkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, mengobati jerawat, dan mengencangkan kulit.
Unsplash/Emre
Ilustrasi, secangkir kopi

Minum kopi membawa sejumlah manfaat kesehatan, termasuk untuk wajah dan kulit. Kopi berasal dari tanaman dalam keluarga Rubiaceae. Umumnya, kopi diolah menjadi minuman dan makanan. Tetapi, minum kopi juga memiliki manfaat untuk wajah dan kulit.

Studi pada 2013 dalam jurnal Analytical Methods menjelaskan, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini.

Dengan minum kopi, asam kafeat tersebut dapat meresap dalam kulit dan membantu merawatnya. Tak hanya itu, masih ada manfaat lain untuk wajah dan kulit yang didapat dari minum kopi. Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Minum Kopi untuk Wajah dan Kulit

Berikut manfaat minum kopi untuk wajah dan kulit berdasarkan studi:

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Minum kopi bermanfaat meningkatkan kadar polifenol yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Polifenol merupakan zat antioksidan yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama yang diakibatkan dari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV).

Merujuk pada studi tahun 2015 dalam International Journal of Dermatology, partisipan studi dengan kadar polifenol tertinggi dari kopi atau sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik penuaan di wajah mereka.

Dengan demikian, terbukti bahwa manfaat minum kopi untuk wajah didapat dari kandungan polifenol yang membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus akibat penuaan.

2. Menenangkan kulit wajah

Kopi juga mengandung vitamin B3 (niasin), yaitu hasil uraian trigonelin setelah biji kopi dipanggang. Menurut  Skin Cancer Foundation, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma dan mungkin dapat mencegah gumpalan jaringan yang menonjol keluar dari kulit di sekitarnya.

3. Mengatasi hiperpigmentasi pada kulit

Penelitian dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kopi mengandung asam klorogenat (chlorogenic acids/CGA). Minum kopi dapat menyerap asam klorogenat ke dalam kulit sehingga bermanfaat.

Dalam buku Medicinal Plants: Chemistry, Pharmacology, and Therapeutic Applications dijelaskan, asam klorogenat terbukti menghambat aktivitas enzim tirosinase pada sel melanoma B16. Oleh karena itu, asam ini digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Minum kopi secara rutin dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga mengurangi noda hitam atau warna kulit yang tidak rata.

4. Mengobati jerawat

Manfaat minum kopi untuk wajah selanjutnya yaitu mengobati jerawat. Tak hanya melawan hiperpigmentasi, asam klorogenat yang terkandung dalam kopi mampu mengobati jerawat. Kandungan asam klorogenat membantu memerangi masalah jerawat akibat bakteri.

Selain itu, asam klorogenat juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan jerawat yang meradang. Manfaat hiperpigmentasinya juga membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

5. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit termasuk manfaat minum kopi untuk wajah. Asam lemak utama dalam kopi adalah asam linoleat, menurut studi dalam jurnal Plos One. Asam linoleat berperan dalam pergantian sel dan pembaruan kulit yang sehat. Ini juga membantu menjaga pori-pori agar tetap bersih.

Komponen lain seperti senyawa fenolik dan tokoferol juga menunjukkan efek antioksidan yang membantu peradangan dan penyembuhan luka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement