Memahami Perbedaan Resume dan CV yang Wajib Diketahui Job Seeker

Ghina Aulia
9 September 2022, 17:24
perbedaan resume dan CV
pexels/cottonbro
Ilustrasi, rekruter berdiskusi membahas CV calon pegawai.

Dalam melamar pekerjaan, salah satu dokumen yang penting adalam curriculum vitae (CV). Tampilannya hingga sekarang selalu terbarukan dan menyesuaikan tren yang sedang ramai. Di samping itu, CV yang baik dan menarik juga sangat penting untuk menarik perhatian rekruter agar dapat ditinjau lebih lanjut.

Selain itu, ada juga "Resume" yang karakteristiknya mirip dengan CV. Walau begitu, ternyata terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaan yang tipis kadang menimbulkan kekeliruan di kalangan pelamar kerja. Entah kesalahan format atau mengirim dokumen yang salah.

Umumnya di Indonesia, rekruter membutuhkan CV dari pelamar. Tetapi, ada juga beberapa perusahaan yang justru meminta resume.

Dilansir dari Glints, ternyata tujuan dari dibuatnya resume adalah agar Anda tidak perlu memperkenal diri kepada rekruter. Hal tersebut lantaran informasi dasar dari diri Anda sudah termua di dalamnya.

Perbedaan Umum Antara Resume dan CV

Dilansir dari Investopedia, resume adalah dokumen yang dibuat untuk menjelaskan kualifikasi pelamar kerja. Ada pun hal-hal yang termuat di dalamnya adalah profil pelamar, riwayat pekerjaan dan informasi kontak.

Secara tampilan, resume terlihat lebih sederhana dibanding CV. Maka dari itu, Anda harus membuatnya dengan menarik agar rekruter tertarik untuk meninjau lamaran Anda. Singkatnya, perbedaan antara resume dan CV adalah dimana resume berisikan riwayat pekerjaan, sedangkan CV cenderung berisikan riwayat pendidikan.

Sebenarnya memang tidak ada perbedaan yang spesifik, tergantung kebutuhan perusahaan dan referensi Anda sebagai pelamar kerja. Keduanya ini juga dapat dikombinasikan. Sama sekali tidak ada salahnya. Dengan demikian, informasi menjadi lebih jelas.

Mengulik lebih lanjut dan melansir dari UC Davis, terdapat perbedaan pada format dan konten di antara resume dan CV, antara lain:

  1. CV menyajikan riwayat akademik, sedangkan resume berisikan tentang keterampilan dan kualifikasi dalam pekerjaan di bidang tertentu
  2. Dari segi kegunaan, CV cenderung digunakan untuk mencari beasiswa atau pun hal lain di bidang akademik. Misalnya, seperti mendaftar kuliah pascasarjana atau studi doktoral. Berbeda dengan resume yang isinya merupakan hasil publikasi dan deskripsi proyek penelitian. Maka dari itu, resume cocok digunakan untuk mendaftar pekerjaan
  3. Jumlah halaman CV tidak terbatas, tergantung dengan pengalaman dan informasi yang ingin Anda muat. Sedangkan resume paling banyak berjumlah dua halaman, dengan tambahan hasil publikasi atau poster presentasi apabila dibutuhkan. Hal tersebut sebaiknya juga yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar
  4. CV berisikan informasi dasar namun merinci, sedangkan resume cenderung berisi capaian

Perbedaan Resume dan CV Dilihat dari Komponennya

Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang perbedaan resume dan CV, di bawah ini akan disebutkan komponen yang umumnya tercantum di dalamnya. Melansir dari situs Novo Resume, berikut ini adalah detail dari resume dan CV.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...