Contoh Resume Jurnal dan Cara Membuatnya

Dwi Latifatul Fajri
4 Juli 2022, 17:11
contoh resume jurnal
pexels.com/Photo by Alina Vilchenko
Ilustrasi, seseorang tengah menulis jurnal pribadi.

Resume jurnal digunakan untuk pemahaman mahasiswa memahami inti dari sebuah jurnal ilmiah. Peneliti membuat jurnal ilmiah sebagai publikasi akademik. Jurnal ilmiah menjadi laporan dan pembaruan penelitian baru.

Tujuan jurnal ilmiah ini sebagai perkembangan ilmu pengetahuan. Resume jurnal membantu mahasiswa untuk memahami sebuah jurnal. Selain itu resume ini memudahkan pembaca untuk memahami latar belakang, tujuan, metode, dan hasil penelitian.

Pengertian Resume Jurnal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resume artinya ikhtisar atau ringkasan. Sedangkan jurnal dalam KBBI memiliki berbagai arti. Jika dikaitkan dengan jurnal ilmiah, artinya majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.

Jika dikaitkan resume jurnal adalah ringkasan dari jurnal penelitian. Manfaat resume jurnal ini untuk memudahkan pembaca memahami sebuah jurnal penelitian.

Sebelum membuat resume, pembaca bisa memahami dulu bagian abstrak, metode penelitian, hingga hasil penelitian. Mengutip dari penerbitbukudeepublish.com, tujuan resume jurnal untuk mengetahui poin-poin singkat penulisan jurnal.

Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah

Format jurnal ilmiah terdiri dari abstrak, latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan. Setelah mengetahui format dan struktur, kemudian membaca isi jurnal ilmiah.

Ada 4 langkah penting yang perlu dipahami yaitu membaca jurnal, menentukan ide pokok, mulai menulis resume, dan membaca kembali. Berikut penjelasan keempat resume jurnal:

1. Membaca Jurnal

Langkah pertama yaitu membaca jurnal ilmiah terlebih dahulu. Inti dari jurnal berada pada abstrak. Pembaca dapat melihat keseluruhan resume dari latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan.

2. Menemukan Ide Pokok

Langkah selanjutnya yaitu menemukan ide pokok dalam tulisan. Anda bisa membaca dan menentukan kalimat penting dalam jurnal. Ide pokok biasanya merupakan kalimat penting dan inti dalam jurnal. Kalimat ini bisa ditulis dahulu menjadi poin-poin. Kemudian poin tersebut dirangkum dari latar belakang sampai kesimpulan.

3. Mulai Menulis Resume

Setelah ide pokok dan gagasan utama, poin-poin tersebut ditulis menjadi resume. Anda bisa menulis resume sesuai artikel, naskah, dan jurnal asli. Anda bisa menambahkan jurnal lain untuk menambahkan referensi.

4. Membaca Kembali Resume Jurnal

Langkah terakhir adalah membaca kembali resume jurnal. Membaca kembali membantu penulis resume jurnal menemukan kekurangan dan kesalahan dari resume. Contohnya saja mengetahui tanda baca, kata-kata yang sama, dan memahami jurnal ilmiah.

Contoh Resume Jurnal

Cara membuat resume jurnal yaitu menulis judul, volume jurnal, tahun, dan penulis. Selanjutnya menulis latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Resume jurnal yaitu meringkas dan menulis bagian intinya saja. Berikut contoh resume jurnal singkat, mengutip dari ridwaninstitute.co.id:

Judul: Pengendalian dan Pengelolaan Arsip Kecamatan Jawa Timur
Volume: Vol. 4 No. 6 2019
Tahun: 2019
Penulis: Bambang, Sutedy

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement