Mencermati 5 Website Membuat CV ATS Friendly Gratis

Ghina Aulia
12 September 2022, 22:34
website membuat CV ATS friendly gratis
pexels/cottonbro
Ilustrasi, contoh bentuk CV.

Seperti diketahui, salah satu jenis curiculum vitae atau CV yang paling dikenal, adalah CV ATS friendly. Saat ini, berkat kemajuan teknologi informasi, pembuatan CV pun semakin mudah, karena bisa dilakukan secara online. Ada banyak website membuat CV ATS friendly gratis yang dapat dimanfaatkan para pencari kerja, untuk menyusun CV yang lengkap.

Patut diingat, CV merupakan dokumen yang sangat menentukan dalam proses lamaran kerja. Dokumen ini menjadi salah satu komponen yang diperhatikan rekruter, apakah akan memasukkan seorang pelamar kerja dapat mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya atau tidak.

Sementara, CV ATS friendly sendiri merupakan CV yang dapat dibaca oleh mesin applicant tracking system (ATS) yang umum digunakan oleh manajemen sumber daya manusia (human resource department/HRD).

Penggunaan mesin ATS tersebut juga untuk memudahkan rekruter dalam menyortir pelamar kerja. Mengingat kemungkinan angka pelamar pekerjaan juga sangat banyak. Dengan mesin tersebut, rekruter mendapatkan data diri pelamar yang sudah disederhanakan dan menyesuaikan dengan informasi yang dibutuhkan perusahaan.

Mengingat pentingnya keberadaan CV, keberadaan website CV ATS friendly gratis jelas sangat membantu pencari kerja. Melalui bantuan website ini, pembuatan CV dapat dilakukan dengan baik, meski seseorang belum pernah sekalipun membuat CV.

Website Membuat CV ATS Friendly Gratis

Berikut ini, adalah ulasan mengenai lima website membuat CV ATS friendly gratis yang bisa dimanfaatkan para pencari kerja.

1. Novoresume

Salah satu website membuat CV ATS friendly gratis yang dimanfaatkan, adalah 'Novoresume', Website ini menyediakan banyak template yang dapat diunduh secara gratis. Selain itu, penggunanya juga dapat menyunting CV secara bebas, langsung dari situs tersebut.

Jenisnya juga beragam, sehingga tak heran apabila website ini kerap menjadi rujukan dalam membuat CV. Demikian halnya dengan format CV ATS friendly, dapat ditemukan banyak contoh dan referensi yang bisa digunakan.

2. ResumeGenius

ResumeGenius merupakan salah satu website membuat CV ATS friendly gratis. Website ini menyediakan banyak template gratis dalam pembuatan CV.

Salah satu keunggulan CV yang dibuat dari website ini, adalah dapat terdeteksi artifical intelligent (AI ). Tak hanya itu, mereka memiliki fitur andalan yang dapat membantu pada pencari kerja, yakni membuat cover letter (surat lamaran) dan resume.

Dengan beberapa keunggulan tersebut, website ini bisa jadi pilihan Anda yang masih bingung dalam membuat CV ATS friendly.

3. Indeed

Website membuat CV ATS friendly gratis berikutnya, adalah 'Indeed'. Sejatinya, situs ini merupakan portal pencarian kerja, di mana di dalamnya terdapat banyak informasi dan artikel menarik seputar dunia kerja.

Meski merupakan situs yang berfungsi sebagai portal pencarian kerja, Indeed juga menyediakan layanan template pembuatan CV secara gratis. Melalui layanan yang disediakan secara gratis ini, pencari kerja dapat langsung membuat CV berdasarkan template yang disediakan.

4. Canva

Canva sebenarnya merupakan situs dan aplikasi yang berfokus pada desain grafis penyuntingan gambar. Namun, Canva juga menjadi salah satu website membuat CV ATS friendly gratis, karena terdapat banyak sekali template yang dapat dijadikan rujukan dalam mebuat CV, resume dan portofolio.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...