Cara Menghubungkan WiFi ke TV yang Wajib Diketahui

Ghina Aulia
3 Oktober 2022, 16:29
Cara menghubungkan WiFi ke TV
pexels/Lisa Fotios
ilustrasi, smart TV.

Tak hanya smartphone, ternyata perkembangan juga terjadi pada benda elektronik lainnya. Terkadang hal ini juga yang menyebabkan salah satunya tidak lagi banyak digunakan.

Hal tersebut lantaran pengalihan fungsi atau satu produk yang dapat melakukan banyak hal. Misalnya seperti ponsel yang sekarang dapat menonton tayangan di televisi dan mendengarkan radio.

Tak heran ketika banyak orang yang memutuskan untuk tidak menggunakan salah satu di antaranya. Tak sampai di situ, sekarang juga ada yang namanya smart TV.

Terkait dengan itu, ulasan berikut ini akan membahas tentang cara menghubungkan WiFi ke TV. Hal ini sudah umum dilakukan.

Beberapa tujuannya adalah untuk mengakses layanan streaming berbayar di TV. Selain itu, juga untuk menonton tayangan bersama dengan banyak orang. Dengan menggunakan TV, tentu akan lebih mudah.

Adapun, hal yang patut Anda ketahui juga adalah penggunaan smart TV wajib menggunakan jaringan internet. Melansir dari situs Lifewire, berikut ini adalah cara menghubungkan WiFi ke TV:

  1. Pastikan jaringan internet aktif.
  2. Nyalakan TV dan Anda akan melihat welcome screen.
  3. TV akan menunjukkan layar utama.
  4. Setelah itu, TV kemungkinan akan mencari jaringan yang tersedia secara otomatis.
  5. Setelah pencarian jaringan selesai, akan muncul jaringan-jaringan yang sedang aktif.
  6. Pilih jaringan internet milik Anda.
  7. Masukkan password apabila terkunci.
  8. Akan muncul pesan yang menyatakan bahwa TV sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Demikian penjelasan mengenai cara menghubungkan WiFi ke TV. Perlu diketahui bahwa metode tersebut bisa berbeda tergantung TV merk apa yang digunakan. Namun tahapannya tidak akan jauh beda. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Keunggulan dan Kekurangan Smart TV

Di samping itu, penggunaan smart TV umumnya juga untuk menikmati tontonan selain di saluran yang disediakan.

Dengan begitu, Anda dapat memilih konten sesuai dengan keinginan. Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk bermain game dan memutar musik. Dapat dikatakan bahwa fungsinya mirip dengan smartphone namun di dalam wujud TV.

Lebih jelasnya, dilansir dari Yale Tools, berikut ini adalah keunggulan menggunakan smart TV:

1. Lebih Banyak Tontonan

Berbeda dengan TV analog, smart TV tentu menawarkan ragam tayangan yang sangat banyak. Anda dapat melihat konten dari dalam dan luar saluran.

Selain itu, juga dapat dengan berlangganan platform streaming berbayar yang menyediakan film, serial, acara ragam dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Anda juga dapat memutar musik seperti yang biasanya dilakukan pada ponsel.

2. Dapat Mengunduh Aplikasi yang Diinginkan

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, Anda dapat mengunduh aplikasi yang diinginkan sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan mendownload platform Netflix, weTV, VIU, Disney+, Viki dan masih banyak lagi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...