7 Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan

Image title
5 Oktober 2022, 22:14
Manfaat sayur toge
freepik.com
Manfaat sayur toge

Manfaat sayur toge paling terkenal mungkin khasiatnya untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Padahal, bahan pangan menyehatkan dengan tekstur renyah ini masih memiliki ragam kebaikan lainnya bagi kesehatan tubuh.

Toge sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk sayur yang diperoleh dari proses pertumbuhan pada biji atau kacang-kacangan. Manfaat toge hadir berkat kandungan nutrisinya.

Berbagai vitamin penting tersedia di dalam toge. Sebut saja seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, serta mineral berupa zat besi, kalium, dan fosfor. 

Manfaat sayur toge terasa semakin lengkap dengan hadirnya senyawa antioksidan, guna menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Untuk mengetahui kandungan gizi yang tersimpan pada toge, simak pembahasan berikut ini agar Anda dapat mengetahui informasi lengkapnya.

Kandungan Gizi Toge

PEDAGANG TAOGE NAIK HAJI
PEDAGANG TAOGE NAIK HAJI (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.)

 

Manfaat sayur toge kerap kali didapatkan saat seseorang menyantapnya pada makanan seperti soto, tumis, gado-gado, dan sebagainya. Umumnya toge juga bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah.

Selain mudah diperoleh, toge utamanya yang berasal dari kecambah kacang hijau punya kandungan gizi melimpah. 

Menurut WebMD, berikut ini merupakan kandungan gizi yang tersedia dalam satu cangkir toge:

  • Lemak jenuh 0 gram
  • Lemak trans 0 gram
  • Kolesterol 0 miligram
  • Natrium 8 miligram
  • Kalium 0 miligram
  • Jumlah karbohidrat 17 
  • Serat makanan 3 gram
  • Gula 0 gram
  • Protein 7 gram

Sesuai gambaran di atas, sayur toge memiliki kadar lemak yang sangat rendah, tanpa kolesterol, dan tanpa lemak jenuh. Hal ini menjadi alasan mengapa manfaat sayur toge sangat berdampak baik bagi tubuh.

Berdasarkan laporan USDA, toge yang sebelumnya merupakan kacang hijau mengandung kadar vitamin C dan vitamin B6 cukup signifikan. Di dalamnya juga tersedia zat besi, riboflavin, asam pantotenat, niasin, serta thiamin.

Salah satu manfaat sayur toge yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian besar orang, bahan pangan ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga toge sering dipakai sebagai pelengkap hidangan untuk diet.

Kandungan serat dan tingkat karbohidrat yang rendah, menjadikannya sayuran yang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat sayur toge untuk kesehatan. Dihimpun dari WebMD dan sumber lainnya, berikut merupakan contoh khasiat yang dimiliki sayuran tersebut:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Chemistry Central Journal, disebutkan kalau manfaat sayur toge salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...