8 Manfaat Senam Aerobik bagi Tubuh, Termasuk Cegah Pikun

Image title
11 Oktober 2022, 18:22
Pesenam aerobik putri Indonesia Umi Sri Haryani mengikuti pelatnas SEA Games 2019 di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). Tim nasional senam aerobik Indonesia akan menerjunkan lima pesenamnya pada nomor trio, mix pairs, dan individual wo
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pesenam aerobik putri Indonesia Umi Sri Haryani mengikuti pelatnas SEA Games 2019 di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). Tim nasional senam aerobik Indonesia akan menerjunkan lima pesenamnya pada nomor trio, mix pairs, dan individual women dalam SEA Games 2019 Filipina.

Aerobik merupakan gerakan senam berirama dan berkesinambungan dengan musik. Temponya yang cepat dapat meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh, sehingga tubuh bisa memproduksi energi dan membakar kalori secara bersamaan.

Manfaat senam aerobik bagi tubuh sangatlah beragam. Akan tetapi, hampir semua orang tahu bahwa olahraga ini sangat berguna untuk menurunkan berat badan, hingga mencegah penurunan ingatan alias pikun.

Menurut buku Pendidikan Jasmani, senam aerobik biasanya menekankan pada gerakan high impact yang ekslusif. Di mana, kekuatan yang ditonjolkan bertumpu pada telapak kaki, tumit, lutut, pergelangan kaki, serta lutut.

Sayangnya gerakan energik ini seringkali membuat pesenam mengalami cedera. Atas dasar itu, rangkaian geraknya lebih divariasikan dengan dipadukan irama musik yang menyenangkan.

Berkat gerakan senam yang semakin kreatif, manfaat senam aerobik bagi tubuh terasa lebih variatif. Selain itu, hal ini juga membuat aerobik banyak digemari oleh beberapa kalangan. Khususnya remaja perempuan dan ibu-ibu.

Manfaat Senam Aerobik bagi Tubuh

Senam aerobik memiliki pengertian yang lebih luas daripada gambaran kita sehari-hari. Dr Kenneth Cooper, pelopor senam jenis ini menjelaskan, konsep aerobik merupakan sebuah latihan fisik yang gerakannya teratur dan seirama dengan musik.

Gerak energik ini kemudian membantu tubuh memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung. Menurut beberapa studi, proses tersebut begitu efektif membakar lemak sekaligus menaikan sistem metabolisme tubuh.

Singkatnya senam aerobik menekankan sistem pernapasan sebagai acuan dasarnya. Oleh sebab itu, kalau rutin dijalankan manfaat senam aerobik bagi tubuh akan sangat terasa.

Merujuk pada buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan serta sumber lainnya, simak manfaat senam aerobik bagi tubuh berikut ini:

1. Membakar Lemak Berlebihan

Semua jenis olahraga yang ada akan membantu membakar lemak atau kalori di dalam tubuh. Tidak terkecuali untuk senam aerobik.

Gerakan dinamis dan ritme yang cepat, memaksimalkan fungsi tubuh dalam menyingkirkan lemak berlebihan. Berdasarkan hasil sebuah studi, orang yang konsisten melakukan senam aerobik selama 10 bulan mengalami penurunan berat badan dari 4,3 % hingga 5,6 %.

2. Menurunkan Berat Badan

Ya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, senam aerobik adalah solusi terbaik bagi seseorang yang hendak menurunkan berat badannya.

Sedikit informasi, diet sehat memang bisa mengurangi berat badan secara signifikan. Namun, jika itu tidak dibarengi dengan aktivitas olahraga seperti senam aerobik, tentu hasilnya kurang memuaskan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...