Cara Membersihkan Ginjal yang Dapat Dilakukan di Rumah

Tifani
Oleh Tifani
17 Oktober 2022, 17:47
cara membersihkan ginjal
pexels.com/karolina grabowska
Ilustrasi, perempuan sedang minum air putih. Meminum air putih dengan jumlah cukup mampu menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peran penting di dalam tubuh, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa cara membersihkan ginjal yang dapat dilakukan secara mandiri, agar organ itu tetap optimal dalam menjalankan fungsinya.

Dikutip dari laman gooddoctor.co.id, bukan dengan operasi atau prosedur medis, menjaga kebersihan ginjal dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi. Cara membersihkan ginjal dapat dilakukan dengan melibatkan konsumsi makanan dan herbal tertentu yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Pendukung pembersihan ginjal mengatakan bahwa makanan, minuman, dan diet tertentu dapat mendetoksifikasi ginjal dan tubuh. Namun, saat ini hanya ada sedikit penelitian ilmiah untuk mendukung klaim tersebut.

Cara Membersihkan Ginjal

Sebagai salah satu organ tubuh yang penting, maka penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan ginjal dengan cara membersihkan organ tubuh yang satu ini. Caranya tidak sulit, dan bisa dilakukan di rumah secara rutin. Berikut cara membersihkan ginjal yang mudah dan dapat dilakukan di rumah.

1. Minum Air Putih

Cara membersihkan ginjal yang paling mudah adalah dengan rajin minum air. Mengutip dari Healthline, sebagai organ yang bertanggung jawab atas proses filtrasi, air sangat dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan zat sisa melalui urine.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari hampir 60 persen air. Jika kadarnya kurang, maka urine akan sulit terbentuk. Akibatnya, zat-zat sisa akan sulit untuk dibuang. Lama-kelamaan hal ini bisa memicu pembentukan kristal-kristal kecil atau yang lebih populer dengan sebutan batu ginjal.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa butuh setidaknya mengkonsumsi air sebanyak 3.7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita per hari. Selain dari air putih, kamu juga memenuhinya lewat buah-buahan kaya air, misalnya semangka.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Mengutip dari Healthline, kalsium adalah nutrisi yang bisa mengikat senyawa oksalat untuk mengurangi proses penyerapan dan ekskresi. Dengan begitu, pembentukan kristal atau batu ginjal bisa diminimalkan.

Asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1,2 gram. Kandungan kalsium dapat dikonsumsi dari beberapa makanan yaitu almond, sereal, serta olahan kedelai seperti tahu dan edamame.

3. Konsumsi Teh Herbal

Cara membersihkan ginjal selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal. Beberapa teh herbal memiliki khasiat yang menakjubkan untuk ginjal. Teh ini biasanya tidak memiliki efek samping, karena terbuat dari bahan alami seperti tanaman.

Teh herbal yang sering digunakan untuk membersihkan ginjal umumnya terbuat dari ekstrak daun jelatang dan tanaman sambong. Dua bahan alami ini mudah ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia.

Teh dari bunga hortensia (hydrangea) juga cukup efektif memberi perlindungan terhadap ginjal. Di Indonesia, bunga ini lebih populer dengan sebutan kembang bokor, sering dijadikan sebagai tanaman hias.

4. Konsumsi Buah-buahan

Cara membersihkan ginjal berikutnya adalah dengan memperbanyak asupan buah. Bukan tanpa alasan, buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Anggur misalnya, mengandung senyawa resveratrol yang bisa menurunkan risiko peradangan pada ginjal.

Begitu pula dengan cranberry, dapat menjaga kesehatan ginjal dan organ lainnya yang tersusun dalam sistem kemih. Selain cranberry dan anggur, juga dapat mengonsumsi lemon, jeruk, serta melon. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Ada dua alternatif cara untuk mengonsumsinya, yaitu memakan langsung atau diolah menjadi jus. Konsumsi buah setiap hari akan memberikan efek yang menyehatkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...