10 Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal yang Harus Diketahui

Image title
27 Desember 2021, 15:15
10 Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal yang Harus Diketahui
pixabay.com
Salah satu makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal

Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal bisa menjadi pilihan makanan sehari-hari. Ginjal merupakan organ yang berperan penting bagi tubuh. Maka dari itu, kita perlu menjaga fungsi dari organ ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Makanan untuk Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal yang sehat membutuhkan nutrisi yang cukup agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Sebenarnya hampir seluruh makanan mengandung nutrisi untuk tubuh. Namun beberapa jenis makanan memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Mengutip dari honestdocs.id, berikut ini beberapa jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal.

1. Kacang Merah

Kacang Merah
Kacang Merah (pixabay.com)

Jenis makanan pertama yang berguna untuk menjaga fungsi ginjal yaitu kacang merah. Makanan ini sudah sejak lama jenis kacang-kacangan dipercaya menjadi obat batu ginjal.

Untuk mendapatkan fungsi dari kacang merah ini, Anda bisa merebusnya selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu, biarkan dingin dan minum air rebusan kacang merah tersebut.

2. Susu Kedelai dan Keju

Ilustrasi Susu Kedelai
Ilustrasi Susu Kedelai (Pixabay)

Kita mungkin mengenal fosfor sebagai mineral penting untuk tulang, namun jika kadarnya terlalu tinggi mineral ini bahkan dapat membuat tulang menjadi rapuh.

Ginjal yang sehat akan membuat kadar fosfor menjadi normal. Jika fosfor dalam darah berlebih, maka ginjal akan sulit menyaring. Hal ini yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Untuk mengurangi fosfor, Anda bisa mengkonsumsi keju dan susu kedelai. Kedua makanan ini diketahui bisa mengurangi kadar fosfor dan dianjurkan untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal. Namun konsumsi keju dan susu kedelai juga tidak boleh berlebih, sebab fosfor juga masih diperlukan oleh tubuh.

3. Beras

Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh
Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh ( Bom taraissara/Pixabay)

Selain fosfor, kalium juga merupakan kalium yang apabila berlebihan dapat menyebabkan gangguan terhadap fungsi ginjal. Meskipun demikian, kalium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot dan saraf.

Maka dari itu, kehadiran organ ginjal memberikan peran untuk mengontrol kelebihan kalium dalam darah. Jika darah mengandung kalium dalam jumlah yang banyak, ginjal akan secara otomatis bekerja untuk menyeimbangkan kadar kalium tersebut.

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu kerja ginjal ini, salah satunya beras. Makanan ini diketahui memiliki kandungan kalium dalam jumlah sedikit. Dengan demikian, ginjal dapat berkerja dengan baik.

4. Ikan

 

HARGA DAGING DAN IKAN MASIH TINGGI DI DUMAI
Ikan segar yang baik untuk kesehatan ginjal (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.)

Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal selanjutnya yaitu ikan. Makanan ini mengandung banyak protein dan lemak yang bersifat anti inflamasi.

Kandungan lemak ini bisa membantu tubuh melawan berbagai masalah kesehatan seperti jantung, penyakit ginjal, dan kanker. Anda bisa mengkonsumsi ikan tiga kali seminggu untuk memelihara ginjal dan sistem pencernaan.  

5. Putih Telur

Telur
Telur ( Couleur/Pixabay)

Jenis makanan lain yang juga berguna untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu putih telur. Makanan ini diketahui mengandung protein murni dengan kualitas tinggi. Selain itu, putih telur juga mengandung asam amino esensial yang lengkap.

Kandungan fosfornya juga lebih sedikit dibandingkan sumber protein lain seperti daging dan kuning telur. Untuk mendapatkan manfaat dari makanan ini, Anda bisa membuat telur dadar, campuran kue, atau smoothies.

6. Buah Apel

Ilustrasi buah apel
Ilustrasi buah apel (Unsplash/Shelley Pauls)

Apel juga merupakan makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal. Buah ini diketahui mengandung zat anti inflamasi dan serat yang baik untuk memelihara fungsi ginjal. Selain itu, buah ini juga bisa mencegah sembelit, mengurangi kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan kanker.

7. Blueberry

Buah Blueberry
Buah Blueberry (unsplash.com)

Jenis buah-buahaan lain yang juga dapat memelihara kesehatan ginjal yaitu blueberry. Buah berwarna biru ini mengandung antioksidan dan antosianin yang dapat mengatasi peradangan.

Selain itu, blueberry juga mengandung vitamin C, mangan, dan serta yang berguna untuk melindungi otak dan tulang. Antioksidan yang ada di buah blueberry juga bisa memperlambat kerusakan tulang dan menjaga fungsi ginjal.

Anda bisa mengkonsumsi blueberry setiap hari untuk mendapatkan efek baik dari buah ini.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun
Minyak zaitun (Pexels/Polina Tankilevitch)

Manfaat minyak zaitun juga diketahui bisa memelihara fungsi ginjal. Minyak zaitun diketahui mengandung asam oleat yang tinggi sehingga berguna menjadi agen anti infalamsi.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang bisa melindungi tubuh dari oksidasi dan degenerasi ginjal. Minyak zaitun juga mengandung senyawa polifenol dan antioksidan yang dapat mencegah oksidasi dan pembengkakan.

9. Bawang Putih

Gambar bawang putih
Gambar bawang putih (pixabay.com)

Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal lainnya yaitu bawang putih. Bumbu dapur ini dikenal sebagai obat anti radang, mencegah plak di gigi, dan menurunkan kolesterol darah.

Anda bisa mencampurkan bawang putih di menu makanan harian. Anda bisa menggunakan bawang merah segar atau bubuk yang ditambahkan dalam sup, pasta, atau hidangan lainnya.

10. Kubis

HASIL PERTANIAN MENURUN
Sayuran kubis (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Kubis merupakan sayuran yang kaya fitokimia untuk membantu mencegah radikal bebas. Beberapa jenis fitokmia dipercaya bisa melindungi tubuh, mencegah kanker, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Dalam kubis juga terdapat sulforaphane yang dapat mencegah pertumbuhan kanker kolon, prostat kandung kemih, ovarium, dan paru-paru. Kubis juga mengandung vitamin C, K, dan serat yang menjadi sumber asam folat dan vitamin B6.

Kandungan baik tersebut diketahui bisa meningkatkan fungsi ginjal. Sebab ginjal yang sehat juga berkaitan dengan fungsi pencernaan yang sehat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait