8 Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia yang Penting untuk Diketahui

Siti Nur Aeni
27 Desember 2021, 10:18
8 Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia yang Penting untuk Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi organ ginjal pada manusia

Ginjal merupakan organ penting yang letaknya ada di bawah tulang rusuk belakang dekat dengan punggung bagian tengah. Fungsi ginjal adalah untuk menjaga sistem ekskresi pada makhluk hidup.

Ginjal memiliki dua bagian, yaitu ginjal kiri dan kanan. Ukurannya sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan. Organ ini mengandung kurang lebih satu juga nefron yang merupakan saringan darah berukuran sangat kecil.

Advertisement

Organ ginjal berperan sangat penting untuk tubuh. Apabila organ ini mengalami gangguan, maka bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Maka dari itu menjaga kesehatan ginjal menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang fungsi ginjal mulai lengkap dengan bagian-bagiannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Bagian-bagian Organ Ginjal

Jiak dikelasifikasikan per bagian, ginjal manusia terdapat tiga bagian yakni korteks, medua, dan pervis. Mengutip dari halodoc.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Korteks

Korteks merupakan bagian paling luar dari ginjal dan dikeliling kapsul ginjal. Korteks berguna untuk melindungi struktur dalam ginjal dari bahaya kerusakan, sebab bagian ini dikelilingi oleh lapisan lemak.

2. Medula

Medula terdiri dari bagian bernama lengkung henle dan piramida ginjal yang menjadi strukur kecil berisi tubulus dan nefron. Tubulus ini berguna untuk mengangkut cairan masuk ek dalam ginjal dan urin agar ke luar ginjal.

3. Pelvis

Pervis ginjal adalah bagian paling dalam dari organ vital ini. Bentuknya seperti corong. Pervis berfungsi untuk jalur cairan berpindah dari ginjal ke kandung kemih.

Fungsi Ginjal dalam Tubuh Manusia

Di awal sudah disinggung bahwa fungsi utama ginjal adalah sebagai sistem ekskresi atau pengeluaran zat sisa yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh.

Selain itu, ginjal ternyata memiliki beragam fungsi lain yang menunjang kesehatan tubuh. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa fungsi ginjal dalam tubuh manusia.

1. Menyaring Darah

Salah satu fungsi dari organ ginjal adalah untuk menyaring darah. Proses penyaringan akan menghasilkan zat sisa dan cairan berlebih yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Zat tersebut nantinya akan dikeluarkaan melalui urine.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement