5 Rekomendasi Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas

Destiara Anggita Putri
18 Oktober 2022, 21:48
Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas
Unsplash
Ilustrasi, seseorang bekerja dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Ketika sedang menyelesaikan pekerjaan, Anda harus bisa fokus dan disiplin agar pekerjaan bisa cepat selesai sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Namun, ada kalanya Anda sulit fokus yang berakibat mengacaukan produktivitas dalam bekerja.

Untuk mengatasi hal ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan  Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi penunjang produktivitas yang bisa digunakan ketika Anda bekerja.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak rekomendasi  lima aplikasi untuk meningkatkan produktivitas berikut ini.

1. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi populer yang harus Anda instal untuk meningkatkan produktivitas. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menulis dan membagikan catatan, mengatur dokumen yang disimpan, dan masih banyak lagi. 

Terdapat beragam fitur di aplikasi ini yang bisa digunakan untuk membuat catatan Anda tersimpan dengan rapi. Bila Anda sudah selesai membuat catatan, maka catatan  tersebut akan otomatis tersimpan di server Evernote. 

Untuk mengaksesnya lagi, Anda bisa melakukannya lewat smartphone maupun desktop.  Kemudian, Anda bisa membagikan ke teman atau rekan kerja Anda.

Evernote bisa Anda diinstal di perangkat Android dan IOS.  Selain itu, aplikasi ini juga tersedia di perangkat desktop Windows maupun MacOS. 

2. Notion

Aplikasi populer saat ini juga bisa Anda instal untuk meningkatkan produktivitas. Notion sendiri merupakan aplikasi yang berguna untuk manajemen proyek baik untuk kerjasama dalam team maupun kerja individual.

Aplikasi ini juga isa digunakan oleh pekerja kantoran  maupun freelancer untuk membuat daftar to-do list harian, proyek prioritas, hingga catatan penting. Notion hadir dengan tampilan yang bersih, tertata,dan efisien yang tentunya membuat Anda merasa nyaman ketika membuat catatan atau to-do list.

Aplikasi in menyediakan beberapa fitur utama seperti Wiki, Project & Task, dan Notes & Docs. Tidak hanya itu, Aplikasi ini juga bisa menggabungkan Github WIKI, Trello, dan Google Docs/Evernote dalam aplikasi sekaligus. 

Jika ingin menggunakan Notion,  cukup instal saja melalui Playstore atau Appstore.

3. Trello

Aplikasi populer berikutnya adalah Trello  yang efektif digunakan ketika bekerja dalam tim. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berkolaborasi dengan tim Anda secara virtual. Tidak hanya itu, Trello juga memberikan akses untuk mengelola project, mengatur prioritas pekerjaan, hingga melihat hal yang sedang dikerjakan anggota tim lainnya. 

Bisa dibilang aplikasi ini cukup efektif untuk mengorganisir pekerjaan bersama tim Anda, Hal ini dikarenakan Anda bisa memonitor dan melacak berbagai project secara bersamaan  khususnya yang melibatkan banyak orang dari berbagai divisi. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...