5 Cara Mengobati Biduran Secara Cepat dan Gampang

Tifani
Oleh Tifani
21 Oktober 2022, 00:27
cara mengobati biduran
Freepik
Ilustrasi, biduran.

Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan timbulnya bilur berwarna kemerahan pada kulit. Bilur yang timbul biasanya terlihat sebagai bercak ruam dan bentol yang disertai dengan rasa gatal.

Bilur atau bercak ini dapat muncul pada pada bagian tubuh manapun. Awalnya, bilur ini muncul hanya di satu bagian tubuh, tapi lama-kelamaan bilur ini akhirnya menyebar. Ukuran dan bentuk dari bilur urtikaria bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Dikutip dari alodokter.com, Biduran merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang paling sering terjadi. Diperkirakan sekitar 20% orang dewasa pernah mengalami biduran setidaknya sekali dalam hidupnya.

Cara Mengobati Biduran

Biduran umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gatal yang dirasakan tergolong ringan maka dapat mengurangi gejala biduran tersebut dengan melakukan beberapa perawatan di rumah.

Namun, pertolongan medis sangat diperlukan jika biduran disertai oleh beberapa gejala yang menandakan alergi yang parah. Jika terdapat indikasi yang terasa menganggu berupa bengkak di area mata atau mulut, sesak napas, terasa nyeri dan hangat maka hubungi bantuan medis untuk segera mendapatkan penangaan.

Berikut pengobatan untuk mengurasi gatal – gatal biduran yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Kompres dengan Air Dingin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati ruam biduran adalah dengan kompres dingin. Cara ini merupakan salah satu langkah yang efektif untuk mengobati bercak kemerahan pada biduran. Kompres dingin bisa dilakukan dengan memasukkan es batu yang telah dihancurkan ke dalam ice bag atau handuk kecil. Kemudian, letakkan kompres dingin dan diamkan selama 10 menit ke kulit yang sedang meradang. Ulangi cara ini setiap hari sesuai kebutuhan hingga biduran membaik.

2. Gunakan Larutan Penghilang Gatal

Beberapa bahan seperti oatmeal koloid dan soda kue dapat digunakan sebagai campuran air mandi untuk mengurangi gatal biduran. Sebelum menggunakan produk tertentu, pastikan untuk mengujinya di bagian kulit lain. Apabila tidak ada reaksi alergi, berarti produk aman digunakan.

3. Hindari Produk yang Bersifat Iritan

Cara praktis mengobati biduran dan mencegah penyakit kambuh lagi adalah menghindari pemicu alergi dan jangan gunakan produk yang rentan memicu iritasi. Beberapa jenis sabun, shampoo, atau produk – produk tertentu dapat memicu gatal dan kulit kering. Pastikan untuk menggunakan produk khusus kulit sensitif dan memiliki bahan yang aman digunakan.

4. Menjaga Suhu Tubuh

Tetap menjaga suhu tubuh dan berada pada sejuk dapat mengobati biduran agar tidak kambuh. Hal tersebut disebabkan karena panas dan keringat dapat memicu memburuknya ruam maupun rasa gatal. Selama mengalami biduran, gunakan pakaian longgar yang berbahan lembut dan usahakan untuk tetap berada di dalam ruangan yang sejuk dan menghindari sengatan matahari secara langsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...