10 Ciri-ciri Bipolar Disorder yang Harus Diwaspadai

Tifani
Oleh Tifani
24 Oktober 2022, 13:40
ciri-ciri bipolar
Katadata
Ilustrasi, emosi sedih.

Bipolar atau mania depresif adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, konsentrasi, dan tingkat aktivitas. Gangguan mental ini kerap disalah artikan seabagai kelainan karakter atau kecacatan mental.

Pasalnya, ciri-ciri bipolar biasanya ditandai dengan gejolak emosi yang berlebihan. Padahal tidak hanya itu ciri-ciri bipolar yang khas pada penderita penyakit bipolar.

Ciri-ciri Bipolar

Dikutip dari lama hallosehat.com, Bipolar adalah gangguan mental yang disebabkan oleh faktor-faktor biologis yang berada di luar kendali penderitanya, seperti genetik (keturunan) dan kelainan fungsi otak.

Sayangnya, tanda bipolar disorder pun kerap diabaikan begitu saja atau hanya dianggap sebagai tanda-tanda stres.

Padahal, bipolar tidak sesederhana stres atau depresi.Gangguan ini disebut bipolar (yang berarti dua kutub) karena penderitanya menunjukkan dua kutub emosi atau suasana hati yang sangat berbeda.

Kutub yang pertama adalah mania, yaitu fase atau episode kebahagiaan ekstrem dan meledak-ledak. Sementara kutub yang kedua adalah depresi, di mana penderitanya akan merasa begitu sedih, sendu, tidak bersemangat, dan sangat lesu.

Pada penderita bipolar, perubahan suasana hati dari mania ke depresi dan sebaliknya merupakan ciri yang paling khas. Namun, yang membedakan gangguan bipolar dengan perubahan suasana hati secara umum adalah intensitasnya.

Penderita bipolar bisa menunjukkan fase mania dan depresi yang sangat parah sehingga mereka dapat kehilangan kendali atas emosinya sendiri. Di setiap fase tersebut pun, baik mania maupun depresi, gejala, tingkat keparahan, dan lamanya muncul gejala bisa bervariasi.

Dilansir dari Mayo Clinic, mania dan hipomania merupakan dua jenis episode yang berbeda, tetapi memiliki gejala yang sama. Hipomania umumnya menunjukkan ciri bipolar disorder yang lebih ringan daripada mania.

Sementara pada mania, gejala bisa lebih parah hingga penderitanya tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari, seperti bersekolah dan kerja, hingga harus masuk rumah sakit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...