Menilik Ragam Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami di Rumah

Tifani
Oleh Tifani
27 Oktober 2022, 13:11
cara membersihkan paru-paru
Pexels/andrea-piacquadio
Ilustrasi, olahraga sebagai salah satu cara membersihkan paru-paru secara alami.

Paru-paru merupakan organ vital bagi manusia. Fungsi paru-paru yang paling utama yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Apabila fungsi organ paru-paru terganggu, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah pada tubuh. Salah satu penyebab munculnya berbagai masalah dan penyakit pada organ vital ini adalah paru-paru kotor.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan paru-paru menjadi kotor dan tidak sehat, di antaranya asap rokok, debu, zat beracun, dan virus maupun bakteri. Partikel-partikel tersebut bisa masuk ke paru-paru saat Anda menghirup udara yang terkontaminasi.

Dikutip dari laman alodokter.com, meski sebenarnya paru-paru merupakan organ yang bisa menyembuhkan dan membersihkan dirinya sendiri dari partikel kotoran. Namun, jika paparan partikel terlalu banyak atau sering, hal ini bisa saja mengganggu fungsinya.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara membersihkan paru-paru agar organ ini tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel di paru-paru yang dapat memicu penyakit, seperti PPOK dan bahkan kanker paru. Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin cepat seseorang berhenti merokok, peluang paru-paru untuk sembuh semakin besar dan risiko mengalami kerusakan paru-paru permanen akan lebih rendah.

Oleh karena itu, jika ingin membersihkan paru-paru, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berhenti merokok.

2. Menghindari Asap Rokok

Meski tidak merokok, sering menghirup atau terpapar asap rokok juga bisa membuat paru-paru menjadi kotor. Ini karena asap rokok yang keluar dari mulut dan rokok yang dibakar mengandung ratusan racun yang berbahaya jika terhirup.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari sering berada di dekat orang yang sedang merokok.

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayuran. Hal ini karena antioksidan memiliki efek antiradang yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kerusakan pada organ tubuh, termasuk paru-paru.

4. Menghindari Paparan Polusi

Sama halnya dengan asap rokok, sering terpapar polusi bisa membuat paru-paru menjadi kotor dan rusak. Oleh karena itu, bila sedang beraktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi paru-paru.

5. Melakukan Terapi Uap

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya ialah dengan melakukan terapi uap untuk membersihkan lendir di paru-paru maupun saluran pernapasan. Caranya, rebus air hangat menggunakan panci, lalu hirup uapnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...