8 Fungsi Paru-paru Manusia dan Cara Memeliharanya

Siti Nur Aeni
29 Desember 2021, 16:26
8 Fungsi Paru-paru Manusia Beserta Cara Memeliharanya
pixabay.com
Organ paru-paru manusia beserta dengan bagian-bagiannya

Paru-paru merupakan organ vital bagi sistem pernapasan manusia. Fungsi paru-paru yang paling utama yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Apabila fungsi organ paru-paru terganggu, maka bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah pada tubuh.

Fungsi Paru Paru Manusia

Sistem pernapasan manusia ditunjang dengan adanya paru-paru. Sistem ini terjadi melalui proses yang kompleks. Sistem pernapasan berjalan saat ada udara yang masuk melalui hidung atau mulut.

Kemudian berlanjut ke organ pernapasan lain seperti tenggorokan, trakea, bronkus, bronkuolus, dan aveolus. Oksigen yang masuk ke paru-paru nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah. Sedangkan karbon dioksida akan dikeluarkan melalui hidung atau mulut.

Proses pertukaran udara tersebut terjadi karena fungsi paru-paru berjalan dengan lancar. Selain berguna untuk menunjang sistem pernapasan, ternyata paru-paru juga memiliki beberapa fungsi lain. Mengutip dari sehatq.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Melindungai Organ Jantung

Salah satu fungsi paru-paru adalah untuk melindungi organ jantung. Paru-paru memiliki ukuran besar dan empuk sehingga bisa menjadi bantalan pelindung. Terutama untuk melindung jantung dari berbagai benturan.

2. Menyeimbangkan pH

Paru-paru juga bisa mengatur keseimbangan pH. Jika karbon dioksida terlalu banyak, maka lingkungan dalam tubuh menjadi asam. Saat hal ini terjadi, paru-paru bisa mendeteksinya dengan cara menambah ritme pernapasan agar karbon dioksda lebih cepat yang terbuang.

3. Tempat Penyaring

Fungsi paru paru yang ketiga yaitu untuk menyaring darah kecil dan gelembung udara yang bisa memicu kondisi emboli paru. Emboli merupakan penyumbatan aliran darah yang dapat menggangu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

4. Menampung Darah

Paru-paru juga merupakan organ yang berperan untuk menampung darah. Jumlah darah yang tertampung sesuai dengan kondisi tubuh. Fungsi paru-paru ini berguna saat Anda melakukan aktivitas fisik yang berat. Misalnya saat olahraga.

5. Mencegah Infeksi

Organ pernapasan ini ternyata bisa melindungi tubuh dari infeksi. Hal ini dikarenakan paru-paru memiliki membran yang bisa mengeluarkan imunoglobulin A.

Sebagai tambahan informasi, imunoglobulin adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini bisa menjaga fungsi paru-paru dan melindunginya dari infeksi.

6. Membantu Berbicara

Sama halnya dengan fungsi mulut yang dapat membantu berbicara, paru-paru juga berguna untuk membantu kita berkomunikasi secara verbal. Tubuh kita memerlukan aliran udara supaya bisa melafalkan huruf tertentu.

Apabila paru-paru terganggu, maka aliran udara manjadi tidak lancar. Hal tersebut bisa mempengaruhi artikulasi saat berbicara. Oleh sebab itu, paru-paru juga berguna untuk membantu berbicara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...