7 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Tubuh sebagai Olahraga di Rumah

Destiara Anggita Putri
1 November 2022, 21:10
Manfaat Pilates
Unsplash
Ilustrasi, pilates.

Banyak orang mulai melakukan olahraga untuk mencapai hidup yang sehat. Namun tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran atau gym. 

Oleh karena itu, banyak dari mereka mulai berolahraga di rumah. Salah satu olahraga di rumah yang kerap dilakukan adalah Pilates. 

Dikutip dari rey.id, pilates adalah serangkaian latihan gerakan yang repetitif pada amtas yang berfungsi meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. Olahraga ini berfokus pada otot dan inti tubuh yang berperan penting dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Olahraga ini pertama kali dipopulerkan oleh Joseph Pilates pada 1920 dan cukup terkenal di antara pencuri. Namun seiring berjalannya waktu, pilates mulai dipraktekkan oleh banyak orang karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pilates, berikut ini tujuh manfaat pilates bagi kesehatan agar Anda semakin termotivasi melakukannya.

1. Menguatkan Otot Inti Tubuh

Manfaat Pilates yang utama adalah menguatkan otot inti tubuh Anda. Pasalnya otot inti merupakan penghubung utama dari rantai penghubung tubuh bagian atas dan bawah,  yang terlibat dalam hampir setiap gerakan manusia.

Jika otot inti menjadi lemah atau tidak fleksibel, maka dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, serta menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. Oleh karena itu, penting bagi untuk memiliki torso tubuh agar otot inti menjadi stabil dan kuat dengan melakukan pilates.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti membawa boks atau barang berat, Anda memerlukan otot perut dan punggung yang kuat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pilates yang dapat menstabilkan koordinasi tubuh sehingga postur tubuh Anda tetap terjadi saat duduk atau berdiri.  

Postur yang lebih tinggi,  jenjang,  dan ramping tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.  Pilates juga dapat melatih kekuatan otot pundak, tulang belakang, dan punggung Anda sehingga mengurangi dampak bungkuk yang kerap terjadi karena  duduk terlalu lama.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat berikutnya dari pilates adalah membuat tulang menjadi lebih padat. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan semakin rendah. 

Hal ini dikarenakan hormon estrogen membuat  jaringan tulang baru semakin sedikit sehingga tubuh menjadi rapuh dan rentan terjadi cedera. Namun melakukan pilates dapat melatih kekuatan otot sehingga pembuatan jaringan baru di tuang pun meningkat.

Pilates juga memiliki manfaat bagi wanita pasca menstruasi. Seperti yang diungkapkan oleh sebuah penelitian dari Journal for Back and Musculoskeletal Rehabilitation, pilates yang dilakukan secara rutin oleh wanita pasca menstruasi dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi rasa sakit

4. Mencegah Terjadinya Cedera

Salah satu manfaat pilates adalah dapat mencegah terjadinya cedera.  Pada umumnya, tubuh rentan mengalami cedera jika otot yang terlalu kendor atau kencang. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...