5 Rekomendasi Olahraga untuk Asam Lambung yang Aman dan Menyehatkan

Tifani
Oleh Tifani
2 November 2022, 14:09
olahraga untuk asam lambung
Katadata
Ilustrasi, seorang pria sedang berjalan santai

Olahraga menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, tidak semua orang dapat berolahraga dengan nyaman dan lancar, salah satunya mereka yang punya masalah kesehatan, seperti asam lambung. Supaya dapat menjalani olahraga dengan nyaman, penderita maag dan asam lambung perlu panduan khusus.

Sebagai informasi, penyakit asam lambung, atau yang dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD) membuat penderitanya merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Keadaan ini yang membuat saluran pencernaan, yang menghubungkan mulut dengan lambung, iritasi. Peradangan inilah yang membuat menjadi tidak nyaman. Asam lambung yang naik biasanya menyebabkan nyeri di ulu hati atau pada area dada bagian bawah. Gejala penyakit asam lambung umumnya muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Olahraga untuk Penderita Asam Lambung

Dikutip dari laman alodoter.com, maag atau dispepsia merupakan sekumpulan gejala dari nyeri perut bagian atas, terus sendawa, perut kembung, sensasi terbakar di perut, mual, dan ingin muntah. Gejala tersebut biasanya sering dialami oleh orang dengan refluks asam lambung/GERD (gastroesophageal reflux disease).

Biasanya, orang dengan kondisi ini juga memiliki kelebihan berat badan. Itu sebabnya, dokter biasanya akan meminta menurunkan berat badannya.

Penderita maag dan asam lambung akan diminta untuk mengatur kembali pola makan dan meningkatkan aktivitas, seperti olahraga. Sayangnya, olahraga juga bisa memicu gejala maag.

Gerakan olahraga tertentu dapat meningkatkan tekanan pada perut. Akibatnya, asam lambung naik dan menimbulkan gejala maag. Walaupun bisa berisiko, bukan berarti penderita maag tidak diizinkan untuk olahraga.

Aktivitas ini tetap aman dan menyehatkan jika dilakukan dengan memerhatikan kondisi tubuh. Berikut beberapa panduan olahraga yang sebaiknya dikuti jika memiliki asam lambung atau maag.

1. Jalan Santai

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Oleh karena itu, dibanding memilih olahraga lari, lebih baik lakukan jalan santai.

Penderita asam lambung bisa berjalan santai di sekeliling halaman rumah atau taman sambil menikmati pemandangan agar stres juga bisa ikut reda. Dengan demikian, penyakit mag yang dialami bisa semakin dikendalikan.

2. Berenang

Olahraga untuk penderita maag berikutnya adalah renang. Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari.

Namun, hati-hati jika langsung berenang setelah makan dengan perut yang penuh. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko asam lambung. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu sekitar 1-2 jam setelah makan sebelum berenang.

3. Bersepeda

Bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk asam lambung. Aktivitas bersepeda yang dimaksud adalah bersepeda dengan intensitas ringan-sedang. Penderita asam lambung bersepeda ringan berkeliling taman atau menggunakan sepeda statis di gym.

Bersepeda teratur dapat membantu kamu menurunkan dan menstabilkan berat badan. Ingat, berat badan yang terkontrol dapat membantu mengatasi penyakit mag.

Pastikan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersepeda. Gunakan juga celana yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut saat bersepeda. Hindari penggunaan pakaian yang ketat.

4. Yoga

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti yoga juga baik untuk penderita mag. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang.

Yoga juga bermanfaat mengatasi stres. Sebagaimana diketahui, stres juga bisa memicu asam lambung. Mengelola stres diteliti dapat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan pencernaan seperti mag.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...