6 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Destiara Anggita Putri
2 November 2022, 21:17
Tips Tidur Nyenyak
Unsplash
Ilustrasi, tidur.

Tidur merupakan salah satu hal paling mendasar yang penting dilakukan. Dilansir dari Helllo Sehat, tidur dapat memberikan kesempatan bag tubuh untuk memprabaiki sel-sel dan jaringan yang rusak dan membuatnya menjadi baru. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam per harinya. Namun terkadang Anda sulit memejamkan mata saat akan tidur yang membuat Anda tidur lebih malam atau bahkan tidak tidur sama sekali. 

JIka hal ini terus dibiarkan, pastinya Anda akan kesulitan beraktivitas karena terus merasa mengantuk yang ada akhirnya berakibat buruk pada kesehatan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba enam tips tidur nyenyak di malam hari di bawah ini.

1. Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah usahakan untuk bangun pagi di jam yang sama setiap hari. Alasannya adalah melakukan hal ini dapat mengatur jam biologis tubuh sekaligus membuat Anda merasa lebih berenergi.

Banyak ahli juga menyarankan tips ini, termasuk di akhir pekan. Mereka juga menyarankan untuk menghindari memencet tombol snooze saat alarm Anda sudah berbunyi.

Bila Anda memencet tombol ini, otomatis Anda akan memperlama waktu tidur yang bisa membuat Anda kurang segar, lebih lemas, dan cepat mengantuk ketika beraktivitas.

Tips lainnya adalah pastikan Anda dapat segera tertidur ketika sudah berada di kasur.  Namun jika dalam waktu 20 menit Anda belum bisa tidur juga, coba  tenangkan pikiran Anda dengan aktifitas seperti mendengarkan musik sambil tidur atau membaca buku.

2. Olahraga Sambil Berjemur Setiap Pagi

Ini merupakan tips tidur nyenyak lainnya yang bisa Anda lakukan. Daripada tidur kembali setelah mematikan alarm, Anda bisa memanfaatkan waktu setidaknya 5 menit awal untuk berjemur dan meditasi.

Hal ini sangat dianjurkan karena cahaya dari sinar matahari pagi dapat memberi sinyal ke otak untuk menyetop produksi hormon melatonin yang membuat mengantuk dan menggantinya dengan hormon adrenalin. Alhasil Anda menjadi lebih “melek” ketika melakukan aktivitas sehari- hari

Luangkan waktu selama 20-60 menit setelah bangun untuk berjalan atau berolahraga sambil berjemur. Melakukan ini secara rutin akan membuat tidur lebih nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.  

3. Hindari Tidur Siang 

Tips tidur nyenyak lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menghindari tidur siang. Hal ini dikarenakan tidur siang bisa menjadi faktor penyebab jam tidur terganggu sehingga jam tidur malam Anda akan mundur.

Hal ini telah dibuktikan oleh Behavioral Neuroscience yang menemukan bahwa tidur di siang hari dapat membingungkan jam internal. Itu berarti Anda mungkin akan kesulitan untuk tidur di malam hari sehingga menjadi insomnia.

Namun bila Anda sulit menahan kantuk di siang hari,Apa bisa tetap tidur siang namun dengan jangka waktu 15-20 menit saja. Setel alarm bila perlu agar Anda tidak tidu siang terlalu lama.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...