Pahami Posisi Tidur yang Baik untuk Pernapasan

Siti Nur Aeni
26 Januari 2022, 10:22
Posisi tidur yang baik untuk pernapasan
pexels.com/Ketut Subiyanto
Posisi tidur yang baik untuk pernapasan

Tidur menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup. Sebab saat tertidur tubuh bisa beristirahat dan ketika bangun akan terasa lebih segar. Namun saat sedang mengalami gangguan pernapasan terkadang kita menjadi sulit tidur. Lantas, bagaimanakan posisi tidur yang baik untuk pernapasan? Yuk simak penjelasan berikut.

Posisi Tidur yang Benar untuk Pernapasan

Bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan, posisi tidur yang baik menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Posisi tidur yang salah bisa menurunkan kualitas tidur. Berdasarkan penjelasan di sehatq.com, berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk pernapasan yang bisa Anda praktikkan.

1. Terlentang

Posisi tidur terlentang akan membuat kepala, leher, dan tulang belakang lebih nyaman. Alangkah lebih baik jika Anda menambahkan bantal kecil di bawah kepala untuk menambah kenyamanan dan mencegah sakit leher ketika bangun di pagi hari.

Anda juga bisa mencoba tidur terlentang dengan posisi kaki lebih tinggi. Anda bisa menempatkan bantal di bawah kaki. Hal ini berguna untuk mengatasi gejala pembengkakan pada kaki setelah beraktivitas seharian.

Meskipun memiliki beberapa manfaat, namun cara tidur seperti ini bisa menyebabkan Anda mendengkur.

2. Tidur menyamping

Cara tidur yang benarnya untuk pernapasan yaitu dengan tidur menghadap ke samping. Tidur dengan menghadap ke samping diketahui bisa menurunkan risiko mendengkur dan gangguan tidur lainnya.

Posisi tidur ini juga bisa membuat rasa nyeri pada tubuh mereda. Tidur mengahdap ke samping juga menjadi salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Sayangnya, tidur menghadap ke samping cukup berbahaya untuk organ dalam. Gaya gravitasi bisa membuat organ tubuh yang tertindih memiliki beban lebih besar. Selain itu, tidur menyamping  juga dapat membuat bahu dan pinggung terasa nyeri.

3. Tengkurap

Posisi tidur tengkurap juga bisa menjadi pilihan posisi tidur yang baik untuk pernapasan. Anda dapat menempatkan bagian dada dan perut di atas kasur dengan wajah di salah satu sisi. Perlu diketahui bahwa untuk tidur dengan posisi ini, anda harus menggunakan kasur yang empuk dan lembut.

Meskipun demikian, tidur tengkurap tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan tengkurap terlalu lama bisa menekan paru-paru dan membuat organ ini tidak mengembang sempurna. Tengkurap juga bisa meningkatkan nyeri di leher, bahu, dan punggung atas.

4. Posisi tidur setengah duduk

Posisi tidur yang cukup baik untuk pernapasan yaitu dengan tidur dengan posisi setengah duduk. Anda bisa menempatkan bantal lebih tinggi sehingga kepala naik sekitar 20 – 30 derajat.

Posisi tidur ini bisa mencegah dengkuran saat tidur. Anda juga bisa lebih rileks saat tidur setengah duduk. Tak hanya itu, posisi tidur setengah duduk juga bisa membantu meredakan nyeri di punggung dan pundak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...