Ragam Olahraga Meniruskan Pipi yang Dapat Dilakukan di Rumah

Tifani
Oleh Tifani
3 November 2022, 16:23
olahraga meniruskan pipi
pixabay.com/Gabin_Vallet
Ilustrasi, olahraga kardio.

Pipi tembem terkadang membuat banyak orang kurang percaya diri. Pasalnya, pipi tembam bukan hanya memicu rasa tidak nyaman saja, tetapi juga akan membuat bentuk proporsi wajah menjadi berubah.

Dikutip dari laman sehatq.com, meniruskan pipi menjadi salah satu hal yang ingin dilakukan oleh banyak orang dengan pipi tembem alias chubby.

Kini tak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara meniruskan wajah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, salah satunya dengan olahraga meniruskan pipi.

Olahraga Meniruskan Pipi

Dengan melakukan olahraga meniruskan pipi, bentuk wajah tirus dan lancip bisa menjadi kenyataan. Berikut berbagai gerakan atau olahraga meniruskan pipi yang dapat dilakukan secara mandiri.

1. Memijat Pipi

Gerakan yang pertama yaitu memijat kedua pipi secara memutar. Lakukan dengan perlahan. Di awal latihan ini dapat memberi durasi masing-masing 30 detik. Ingat, jangan terlalu menekan. Dikhawatirkan tulang dan otot area tersebut akan nyeri.

2. Memijat Area Leher dan Dagu

Pijat area double chin diantara leher dan dagumu. Gunakan satu atau dua jari secara perlahan. Selain membentuk dagu indah, lemak pada pipi juga akan serta merta surut. Namun, dengan catatan, harus rutin. Lakukan pijatan ini selama 30 detik, dan rasaka sensasi tanpa lemak secara seketika.

3. Mengunyah Permen Karet

Gerakan mulut seperti sedang mengunyah sesuatu, seperti permen karet, juga dapat menjadi salah satu olahraga meniruskan pipi. Lakukan gerakan dengan durasi 30 detik. Namun, jangan terlalu menghentakkan gigi terlalu keras. Dikhawatirkan, otot mulut akan lebih cepat capek.

4. Senam Wajah

Melakukan senam wajah juga bisa menjadi cara meniruskan pipi tembem secara alami. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot di wajah, sekaligus mencegah penuaan dini.

Memang, belum banyak bukti yang menunjukkan khasiat aktivitas ini sebagai cara meniruskan pipi yang tembem.

Namun, sebuah studi membenarkan bahwa senam wajah yang dilakukan 2 kali sehari selama 8 minggu berturut-turut dapat membantu menurunkan ketebalan lemak serta meremajakan wajah.

Ada juga laporan anekdotal yang menyebutkan bahwa senam wajah bisa membuat wajah lebih tirus. Terdapat berbagai macam senam wajah yang bisa Anda lakukan sebagai cara meniruskan wajah, yaitu:

5. Menggembungkan Pipi

Cara meniruskan pipi tembem secara alami ini dilakukan dengan mengisi mulut dengan udara, lalu mendorong udara dari dalam pipi.

Tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, bibir atas, dan dagu dengan jari. Jika dilakukan terus menerus, maka diyakini bisa membuat pipi lebih tirus.

6. Wajah Ikan

Cara meniruskan pipi tembem ini dilakukan dengan mengempotkan kedua pipi ke dalam mulut. Langkah ini dianggap dapat membuat kulit kendur.
Latihan senyum

Cara ini dapat dilakukan dengan senyum selebar mungkin dengan bibir terkatup selama beberapa detik sebagai cara mengecilkan pipi tembem secara alami. Jika dilakukan sesering mungkin, dapat membuat kulit kendur.

7. Gerakan Bibir Mencium

Gerakan ini mengandalkan mulut, caranya majukan bibir seperti saat ingin mencium. Lakukan selama 30 detik. Pelan-pelan saja, sebab jika terlalu cepat, ditakutkan pipi akan merasa tegang dan kaku.

8. Kardio

Salah satu cara meniruskan pipi tembem secara alami adalah dengan melakukan olahraga kardio. Pada sejumlah kasus, menumpuknya lemak di bagian wajah adalah hasil dari kelebihan lemak yang terdapat pada bagian tubuh lainnya.

Olahraga kardiovaskular (kardio) bisa menjadi salah satu kegiatan fisik untuk menurunkan berat badan, sehingga bisa berdampak pada pembakaran lemak, termasuk di bagian wajah. Olahraga kardio efektif sebagai cara cepat meniruskan pipi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...