Ragam Olahraga untuk Ibu Hamil Ini Aman dan Banyak Manfaat

Tifani
Oleh Tifani
3 November 2022, 12:14
olahraga untuk ibu hamil, ibu hamil, olahraga
Katadata
Ilustrasi Yoga Ibu Hamil

Olahraga di masa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungan. Tak hanya itu, olahraga secara rutin saat hamil juga dapat mendukung proses persalinan agar lebih lancar nantinya.

Dilansir dari laman Alodokter.com, olahraga untuk ibu hamil juga baik untuk mendukung perkembangan otak janin. Beberapa riset menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang rutin berolahraga saat hamil dapat lebih cerdas atau memiliki IQ lebih tinggi.

Pilihan Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga di masa kehamilan memang dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Ada beberapa pilihan jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan, di antaranya:

  • Jalan Santai

Jenis olahraga ini paling praktis dan fleksibel untuk ibu hamil di setiap trimester kehamilan. Bahkan, ibu hamil yang sedang persiapan persalinan juga dianjurkan olahraga jalan kaki untuk membantu melancarkan kontraksi.

  • Berenang

Jenis olahraga ini cocok untuk ibu hamil, karena ketika di dalam air tubuh ibu hamil jadi lebih ringan ketimbang saat di darat. Tak hanya menjaga kebugaran, berenang di kolam renang juga bisa membantu meredakan mual, pegal linu terutama di area panggul, dan mengurangi bengkak di kaki.

Perlu diingat, ibu hamil perlu berhati-hati berjalan di seputar kolam renang yang jalannya cenderung licin. Selain itu, hindari meluncur dan meloncat ke kolam, serta jangan menyelam di dasar kolam.

  • Yoga dan Pilates

Jenis olahraga yoga dapat membantu ibu hamil merasa rileks, melatih fleksibilitas, fokus, dan pernapasan. Semua manfaat olahraga ini baik untuk persiapan persalinan ibu hamil.

Pastikan ibu hamil mencari kelas yoga khusus ibu hamil atau yoga prenatal. Hindari beberapa pose yang rawan cedera dan terlalu berisiko untuk ibu hamil; seperti backbend, handstand, atau headstand.

Pilates khusus ibu hamil fokusnya untuk menguatkan bagian inti tubuh dan melatih otot agar tetap fleksibel sepanjang kehamilan. Latihan ini dapat membantu mengurangi sakit punggung dan pegal-pegal yang biasanya dirasakan ibu hamil.

  • Senam Hamil

Senam sepertinya menjadi olahraga untuk ibu hamil yang banyak disukai. Terlebih, senam aman dilakukan di setiap usia kehamilan.

Senam dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh ibu hamil. Senam hamil menjadi salah satu olahraga untuk para calon ibu yang bisa dilakukan di rumah melalui video yang bisa ditemukan pada di Youtube.

Namun, bagi ibu yang baru saja mulai olahraga, sebaiknya ikuti kelas senam hamil di studio yang dipandu instruktur handal. Ini dapat memperkecil risiko cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga sendiri tanpa pengawasan.

  • Zumba

Zumba bisa menjadi salah satu pilihan olahraga saat hamil selain berjalan kaki, berenang, atau yoga. Olahraga yang satu ini sangat menyenangkan karena dipadukan dengan musik dan gerakan yang menyerupai tarian.

Zumba mampu meningkatkan produksi endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Lonjakan kadar endorfin di dalam tubuh dapat membantu ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran dengan mood yang lebih baik.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement