Teknik Renang Gaya Bebas dan Ragam Manfaatnya

Tifani
Oleh Tifani
4 November 2022, 17:25
teknik renang gaya bebas
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Ilustrasi, perenang kedua Nor Aimah melakukan lompatan pada final estafet 4x100 meter gaya campuran putri kategori 34 poin ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2022).

Olahraga berenang memiliki beragam manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan kekuatan otot hingga memperbaiki kualitas tidur. Olahraga renang juga bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Sebagai informasi, renang adalah jenis olahraga air yang mengandalkan seluruh komponen gerak tubuh. Olahraga renang adalah kegiatan yang biasa dilakukan di air tawar maupun air asin.

Dikutip dari buku "Belajar Berenang Bagi Pemula", para ahli sepakat tentang pengertian renang adalah gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain di dalam air. Gerakan renang yang dimaksudkan baik dilakukan di sungai, laut, bak mandi, kolam renang, dan tempat luas yang mampu menampung air lainnya.

Teknik Renang Gaya Bebas

Dilansir dari laman halodoc.com, selain menyehatkan olahraga ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga. Ada berbagai jenis teknik gerakan renang yang bisa dicoba, salah satunya adalah gaya bebas. Tidak ada salahnya untuk menyimak lebih banyak mengenai teknik tepat dalam melakukan gaya bebas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Gerakan renang gaya bebas adalah gerakan dalam olahraga yang paling cepat dan efektif untuk dilakukan di dalam kolam. Bahkan, pada pertandingan olahraga renang, gaya bebas menjadi salah satu gerakan yang paling sering dilakukan oleh para atlet renang.

Ada beberapa teknik gerakan gaya bebas yang perlu diketahui agar gerakan ini menjadi lebih optimal. Berikut teknik yang perlu diketahui:

1. Pergerakan Tubuh

Gaya bebas adalah gerakan renang dengan posisi tubuh telungkup mengarah ke bawah. Saat berenang, biasanya hanya ujung kepala yang berada di permukaan air.

Kepala juga tetap berada di bawah air, kecuali saat menarik napas, wajah akan keluar dari permukaan air. Saat mengambil napas, tubuh akan miring disesuaikan dengan posisi tangan yang mengayun.

Saat tangan kanan mengayun, maka tubuh juga akan miring ke arah kanan. Sedangkan, saat tangan kiri mengayun, maka tubuh akan miring ke arah kiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...