Cara Memandikan Hamster dengan Baik dan Benar

Image title
9 November 2022, 06:11
cara memandikan hamster
Unsplash/Doina Gavrilov
Ilustrasi, seekor hamster

Menjaga kebersihan hamster dapat dilakukan dengan memandikannya. Kebanyakan hamster sebenarnya tidak memerlukan mandi dengan sabun dan air. Namun, hamster mungkin memerlukan mandi sesekali untuk membersihkan bagian belakangnya dan mencegah kotoran atau air seni menempel.

Meski demikian, jangan terlalu sering memandikan hamster karena air dapat menghilangkan minyak alami dan dapat membahayakan mereka. Hamster tidak bisa berenang dengan baik sehingga rawan tenggelam.

Sebagai panduan, simak cara memandikan hamster dengan baik dan benar ini dikutip dari PetMD.

Cara Memandikan Hamster

Cara memandikan hamster dilakukan sebagai berikut:

  • Pastikan suhu air cukup hangat agar tidak menyebabkan hipotermia, tetapi jangan sampai mendidih. Uji air di pergelangan tangan, suhunya harus suam-suam kuku.
  • Pilih ruangan yang hangat untuk memandikan hamster.
  • Gunakan wadah kedap air yang mudah dibersihkan dan memiliki sisi tinggi agar hamster tidak kabur.
  • Isi air setinggi bahu hamster agar ia bisa berdiri tanpa harus berenang atau merasa ketakutan.
  • Gunakan sampo yang cocok untuk hamster dan bilas dengan air hangat. Perhatikan agar sabun tidak masuk ke mulut atau mata hamster.
  • Cepat keringkan hamster dengan handuk setelah mandi.
  • Tempatkan hamster kembali di kandangnya setelah mereka hangat dan kering.
  • Setelah mandi, cuci wadah secara menyeluruh dan biarkan mengering.

Cara Memandikan Hamster dengan Pasir

Banyak jenis hamster yang menyukai mandi pasir, terutama hamster Dwarf. Hamster di alam liar biasanya menggunakan pasir untuk menjaga kebersihan. Pasir memiliki banyak manfaat alami bagi hamster.

Hamster suka berguling, menggali, dan bahkan bermain di pasir yang halus dan bersih karena membantu membersihkan kulit dan mantel mereka. Selain itu, mandi pasir membantu mengurangi minyak dan kotoran yang mungkin terkumpul di bulu hamster. Pasir juga dapat mencegah parasit.

Cara memandikan hamster dengan pasir dilakukan dengan mengisi piring kecil dengan pasir yang halus dan bersih, lalu letakkan di dalam kandang. Wadah harus cukup kecil sehingga hamster dapat memanjatnya, tetapi cukup besar untuk berguling dan mandi.

Setelah hamster selesai mandi, keluarkan pasir dari kandang. Mandi pasir biasa berlangsung sekitar 15-20 menit, tetapi bisa lebih lama jika hamster benar-benar menikmatinya. Buang pasir setelahnya agar tidak menyebabkan iritasi pernapasan atau mata.

Tergantung pada minat dan kebutuhan hamster, mandi pasir dapat dilakukan beberapa kali seminggu.

Cara Merawat Hamster

Selain dimandikan, lakukan perawatan yang sesuai agar hamster tetap sehat dan mencapai usia optimal. Cara merawat hamster dilakukan sebagai berikut.

1. Menyediakan Kandang

Cara merawat hamster dimulai dengan menyediakan kandang. Kandang hamster yang baik berukuran 60 cm kali 30 cm, dan tinggi minimal 30 cm. Kandang dari bahan kawat, akuarium, dan plastik dapat digunakan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...