Cara Merawat Hamster dan Jenis Makanannya

Image title
4 November 2022, 08:40
Ilustrasi, seekor hamster di dalam kandang. Cara merawat hamster dilakukan dengan menyediakan kandang dan tempat tinggal yang baik serta memberinya makanan yang bernutrisi seimbang dan lengkap.
Pexels/Ellie Burgin
Ilustrasi, seekor hamster di dalam kandang

Hamster merupakan hewan peliharaan bertubuh kecil yang menggemaskan. Hewan kecil ini termasuk omnivora dan pengerat yang suka menguyah dan menggeroggoti. Dalam memelihara hamster, perlu diperhatikan cara merawat hamster yang sesuai.

Sama seperti manusia, hamster membutuhkan tempat tinggal dan makanan. Meski tubuhnya kecil, hamster perlu makanan yang seimbang agar tidak mudah sakit. Selengkapnya, berikut cara merawat hamster dilansir dari Pet MD.

Advertisement

Cara Merawat Hamster

Cara merawat hamster dilakukan sebagai berikut.

1. Menyediakan kandang

Cara merawat hamster dimulai dengan menyediakan kandang. Kandang hamster yang baik berukuran 60 cm kali 30 cm, dan tinggi minimal 30 cm. Kandang dari bahan kawat, akuarium, dan plastik dapat digunakan.

2. Pastikan ventilasi ruangan yang baik

Ruangan tempat kandang hamster harus berventilasi baik untuk sirkulasi udara sega. Tujuannya mencegah penumpukan bau dari urin, kotoran, dan makanan busuk. Beberapa jenis hamster harus selalu ditempatkan sendiri karena mereka dapat menjadi teritorial dan berkelahi dengan hamster lain.

3. Gunakan tempat tidur hamster yang sesuai

Hamster menyukai tempat tidur yang terbuat dari bahan berikut:

  • Kertas.
  • Tisu toilet.
  • Pelet kertas.
  • Jerami.

Jangan gunakan serutan kayu cedar atau pinus karena mengandung minyak aromatik yang sangat mengiritasi kulit hamster. Tempat tidur harus diganti 1-2 kali seminggu dengan kedalaman yang cukup untuk memungkinkan hamster menggali dan menggali.

4. Beri mainan untuk hamster

Hamster menyukai mainan dan menggunakannya untuk menghilangkan bosan. Hewan kecil ini menyukai mainan yang dapat dikunyah, dipanjat, dan digali. Mereka juga suka menjelajah dan bersembunyi.

Mainan hamster dapat disediakan menggunakan kantong kertas, kotak kardus berlubang, tempat persembunyian, dan gulungan handuk kertas. Terowongan kecil juga dapat digunakan, tetapi harus dibersihkan setiap minggu.

Hamster biasanya senang berlari di atas roda putar. Pastikan hanya menyediakan roda dengan permukaan kokoh untuk mencegah cedera. Ada pula balok atau kayu kunyah yang dirancang khusus untuk hewan pengerat.

5. Pantau suhu kandang yang sesuai

Suhu kandang yang disukai hamster adalah 18-26 derajat Celcius dengan kelembaban relatif sekitar 40-70 %. Pada suhu di bawah 4 derajat Celcius, tubuh hamster bisa berhibernasi.

Jika hamster merasa terlalu dingin, dia mungkin mulai menggigil, atau kehilangan nafsu makan dan terlihat lesu. Jika kaki, telinga, atau hidung hamster terasa dingin, dia mungkin terlalu kedinginan.

6. Pilih makanan hamster bernutrisi seimbang

Penting untuk memilih makanan hamster sesuai kebutuhannya. Beberapa makanan hamster yang dapat diberikan yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement