5 Jenis Hamster Domestik Ini Cocok Dipelihara

Image title
1 November 2022, 11:45
Ilustrasi, seekor hamster. Hamster termasuk hewan pengerat yang cocok dijadikan peliharaan. Terdapat lima jenis hamster domestik, yaitu hamster Syria, Campbell dwarf, kerdil putih Rusia, Roborovski, dan hamster Tiongkok.
Pexels/Ellie Burgin
Ilustrasi, seekor hamster

Hamster adalah hewan pengerat kecil yang biasanya dipelihara. Binatang ini memiliki kaki dan ekor yang pendek dengan tubuh yang relatif lebar. Hamster dapat dijadikan hewan peliharaan yang baik.

Hewan kecil ini tidak membutuhkan banyak perhatian. Mereka senang berolahraga dengan berjalan di atas roda kemudi mereka. Tampilannya juga lucu, suka dimanja, dan menyenangkan untuk dipegang.

Berdasarkan publikasi Hamster Society Singapore, terdapat secara garis besar terdapat lima jenis hamster domestik, yaitu:

1. Hamster Syria

Hamster Syria adalah jenis hamster yang paling populer di dunia. Hewan juga dikenal sebagai hamster Emas dan hamster Teddy. Hamster Syria umumnya merupakan hewan peliharaan yang baik dan cocok untuk pemula dan keluarga dengan anak-anak.

Namun, meskipun hamster Syria bersosialisasi dengan manusia, binatang ini tidak mentolerir kehadiran hamster lain. Perlu diketahui bahwa mulai dari usia 10 minggu, hamster Syria harus dipelihara sendiri.

Jika Anda memiliki lebih dari satu hamster, harap tempatkan mereka secara terpisah karena hamster Syria sangat teritorial dan akan berkelahi hingga saling membunuh. Selain itu, hamster Syria membutuhkan istirahat di siang hari, jadi waktu terbaik untuk bermain dengan mereka hanya saat sore atau malam hari.

2. Hamster Campbell Dwarf

Hamster Campbell dwarf tidak terlalu teritorial dibandingkan spesies hamster lainnya. Jenis hamster ini dapat ditempatkan dalam kandang asalkan mereka bersaudara dan tidak pernah berpisah selama lebih dari satu atau dua jam sejak lahir.

Meski demikian, sediakan kandang hamster cadangan yang terpisah karena hamster Campbell dwarf cenderung mengembangkan perilaku teritorial seiring bertambahnya usia. Jenis hamster ini kurang bersosialisasi dengan manusia.

Hamster Campbell dwarf terkenal suka menggigit saat gugup. Tetapi, hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk menjadikan jenis hamster ini sebagai hewan peliharaan. Pastikan untuk mengawasi hamster saat diajak bermain.

Bagi anak-anak, mereka dapat menggunakan sarung tangan kulit sampai mereka lebih terbiasa menangani hamster Campbell dwarf.

3. Hamster Kerdil Putih Rusia

Jenis hamster kerdil putih Rusia juga dikenal sebagai hamster kerdil Djungarian atau hamster Siberia. Jenis hamster ini mirip dengan hamster Campbell dwarf dalam hal ukuran, umur, dan aktivitas di siang hari.

Hamster kerdil putih Rusia dapat dipelihara dalam pasangan atau kelompok sesama jenis asalkan berasal dari tempat yang sama.Jika jenis hamster ini berhasil hidup secara harmonis dalam kelompok, pastikan kandang harus berukuran besar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...