Arti Peka dan Manfaat Menjadi Orang yang Peka

Tifani
Oleh Tifani
10 November 2022, 08:46
arti peka
Pixabay.com/Tú Anh
Ilustrasi, sepasang kekasih.

Peka merupakan salah satu sifat mendasar sebagai manusia. Sayangnya, setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa orang yang bersifat cuek dan dianggap sebagai manusia yang kurang peka.

Sebagai salah satu sifat manusia, peka merupakan sifat yang penting untuk dimiliki. Terbukti, sering kali tidak pekanya seseorang dapat membawa petaka dalam suatu hubungan atau relasi yang dijalin. Pasalnya bermula dari kepekaan, bisa timbul perasaan saling menghargai dan menyayangi. Itulah sebabnya, penting untuk memahami arti peka yang sesungguhnya.

Kata peka mungkin sebenarnya sudah cukup sering didengar selama ini. Sebagai salah satu kata dalam bahasa Indonesia, arti peka bisa dijumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Menurut KBBI, peka tergolong dalam adjektiva atau kata sifat. Lebih lanjut, ternyata terdapat empat yang menjelaskan arti peka dalam KBBI.

Pertama, arti peka bisa berarti mudah merasa atau mudah terangsang. Kemudian, kata peka juga bisa berarti mudah bergerak atau tergerak. Hal ini berkaitan tentang neraca peralatan mekanis. Peka juga bisa berarti sifat yang tidak lalai. Lalu yang terakhir, arti peka juga bisa bermakna mudah menerima atau meneruskan pengaruh, misalnya cuaca dan sebagainya.

Ciri-ciri Orang yang Peka

Pada dasarnya, setiap orang memang mempunyai kepekaan dalam tingkatan masing-masing. Tapi tidak setiap orang bisa mempunyai kepekaan yang kuat. Meski begitu, secara umum terdapat ciri-ciri orang yang mempunyai kepekaan. Berikut beberapa ciri dari orang yang peka.

  1. Punya kepedulian tinggi.
  2. Dapat menangkap perasaan orang lain.
  3. Benar-benar mendengarkan cerita orang lain.
  4. Orang lain datang untuk bercerita mengenai masalahnya, kemudian meminta nasihat.
  5. Selalu atau sering mencoba untuk coba membantu orang lain yang mengalami masalah.
  6. Tanpa sadar sering memikirkan bagaimana perasaan orang lain.
  7. Sering kali merasa lelah atau kewalahan dalam situasi sosial.
  8. Mengetahui perilaku orang yang tidak jujur.

Manfaat Peka

Bukan tanpa alasan mengapa peka disebut sebagai salah satu sifat penting yang dimiliki seseorang. Pasalnya, sifat peka ternyata mempunyai manfaat di kehidupan sehari-hari. Nah agar pemahaman tentang arti peka semakin lengkap, kalian juga perlu mengetahui manfaat tersebut. Berikut beberapa manfaat dari sifat peka.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...