15 Cara Menabung yang Benar agar Cepat Mapan di Usia Muda

Anggi Mardiana
14 November 2022, 13:37
cara menabung yang benar
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung yang benar harus dilakukan secara konsisten agar apa yang menjadi tujuan menabung bisa segera tercapai. Untuk mencapainya, harus memiliki rencana tabungan yang jelas dan terarah.

Dengan menabung secara konsisten, Anda bisa lebih cepat mapan dan mengumpulkan aset yang diinginkan. Dalam prosesnya mungkin sulit, apalagi jika dihadapkan dengan keinginan yang mana harus dikorbankan terlebih dulu.

Cara Menabung yang Benar agar Cepat Mapan

Bagi Anda yang kesulitan menabung, tidak perlu khawatir karena di sini kami akan berikan 15 cara menabung agar cepat mapan di usia muda. Berikut 15 cara menabung yang benar, salah satunya dilansir dari forbes.com:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Membuat tujuan menabung merupakan hal utama yang perlu Anda pertimbangkan. Melalui cara ini, menabung bisa dilakukan dengan lebih konsisten. Berbeda jika menabung tanpa tujuan, akibatnya tidak ada motivasi untuk melakukannya.

2. Buat Rekening Khusus Menabung

Cara menabung yang benar bisa dilakukan dengan membuat rekening khusus tabungan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari transaksi yang tidak dikehendaki. Ketika pergi berbelanja, Anda tidak perlu membawa ATM khusus menabung.

3. Memotong Pengeluaran

Memotong pengeluaran bisa jadi cara menabung yang tepat. Di sini Anda bisa menentukan di mana bisa memotong pengeluaran yang paling banyak. Misalnya dengan membuat kategori pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti hadiah, makanan, belanja, hiburan dan lainnya.

4. Berhenti Impulsif

Berhenti impulsif bisa dilakukan dengan menghindari pergi ke toko atau mal di mana akan tergoda untuk melakukan pembelian. Anda juga bisa mulai menghentikan langganan email promosi untuk merek favorit agar tidak mudah tergoda.

5. Membatasi Belanja Online

Adanya kemudahan belanja secara online membuat kita menghabiskan uang tanpa perhitungan. Karena menghabiskan uang secara digital tidak berasa dibandingkan dengan berbelanja secara langsung.

6. Menunda Pembelian

Menunda pembelian merupakan cara menabung yang benar dan bisa mengalokasikan uangnya untuk menambah tabungan. Selama menunda pembelian, Anda bisa memikirkan ulang apakah produk tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

7. Mulai dari Jumlah Kecil hingga Besar

Jika masih kesulitan untuk menabung, bisa dilakukan dalam jumlah kecil baru besar. Yang terpenting membangun kebiasaan menabung terlebih dahulu agar tetap konsisten. Jika terus dilakukan, seiring waktu, jumlah tabungan akan meningkat.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...