13 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos agar Tetap Bertahan di Tanggal Tua

Anggi Mardiana
14 November 2022, 21:26
cara mengatur keuangan anak kos
Freepik
Ilustrasi, kegiatan perencanaan keuangan pribadi.

Cara mengatur keuangan anak kos penting diketahui bagi Anda yang jauh dari rumah dan masih berstatus mahasiswa. Hal ini perlu dilakukan agar uang yang dimiliki cukup untuk satu bulan penuh dan bisa tetap menyisihkannya ke dalam tabungan.

Menjadi anak kos merupakan masa yang cukup berat bagi mereka yang belum terbiasa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Menjadi anak kos harus cerdas dalam mengelola keuangan agar semakin terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri dan mampu menghemat pengeluaran.

13 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Ada banyak cara mengatur keuangan untuk anak kos. Berikut ini beberapa di antaranya, dilansir dari car.co.id.

1. Mengurangi Kegiatan yang Tidak Penting

Untuk bisa mengatur keuangan, sebagai anak kos harus bisa mengurangi kegiatan yang tidak penting. Misalnya nongkrong bareng teman, usahakan tidak terlalu sering. Meski kehidupan anak kos erat kaitannya dengan berkumpul bersama teman.

2. Membuat Jatah Uang Setiap Hari

Cara mengatur keuangan anak kos agar tetap terjaga pengeluarannya bisa dilakukan dengan membuat jatah setiap hari. Anda bisa membuat jatah setiap hari uang yang akan dialokasikan untuk keperluan apa saja.

3. Memasak

Sebagai anak kos, Anda akan terbiasa membuat masakan sendiri jika ingin berhemat. Momen ini bisa dimanfaatkan sambil belajar memasak. Dengan memasak, uang saku akan terjaga dan bisa makan sepuasnya.

4. Bekerja Paruh Waktu

Bekerja paruh waktu bisa jadi cara mengatur keuangan anak kos ketika orang tua belum mengirimkan uang. Dengan begitu, Anda tetap bisa survive dan tidak terlalu bergantung dengan kiriman dari orang tua. Bisa sebagai barista atau menjadi penulis paruh waktu.

5. Menghemat Pulsa atau Paket Internet

Kebutuhan pulsa atau paket internet tidak terlepas dari anak kos yang jauh dari orang tua. Yang mana diperlukan untuk berkomunikasi bersama keluarga. Sehingga perlu diingat, jatah pulsa atau internet harus cukup untuk satu bulan kedepan.

6. Menabung

Baik anak kos, pelajar maupun orang tua yang telah membangun rumah tangga, menabung penting dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan tidak terduga. Dengan menabung, beragam kebutuhan mendesak bisa diatasi sendiri tanpa harus merepotkan orang tua.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...