7 Tips Menabung 5 Juta Setahun dengan Efektif

Anggi Mardiana
17 November 2022, 13:58
tips menabung 5 juta setahun
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Dengan menggunakan tips menabung 5 juta setahun, Anda yang baru membiasakan diri menabung tidak perlu bingung lagi tentang bagaimana untuk mencapai target. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapainya.

Kegiatan menabung termasuk perencanaan keuangan yang baik agar tidak boros. Banyak orang yang gagal mencapai tujuan menabung karena tidak konsisten. Itulah mengapa target menabung diperlukan agar semakin termotivasi saat melakukannya.

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Untuk menacapai tabungan Rp 5 juta dalam setahun, ada sejumlah tips yang bisa dicoba, berikut kami lansir dari bmoney.id:

1. Menentukan Waktu Menabung

Tips menabung 5 juta setahun bisa dilakukan dengan menentukan kapan waktu menabung yang bisa dilakukan secara konsisten. Jika Anda menerima gaji sebesar Rp 4,5 juta per bulan pada tanggal 25 maka bisa menetapkan tanggal tersebut sebagai waktu yang tepat untuk menabung.

2. Memahami Kondisi Finansial

Kondisi finansial menjadi penting dipertimbangkan untuk mengetahui berapa banyak pemasukan yang diperoleh dan jumlah yang harus dikeluarkan setiap bulan. Untuk mengaturnya bisa membuat rincian kebutuhan primer yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

3. Nonaktifkan Internet Banking

Menonaktifkan internet banking bisa Anda coba agar tidak tergoda berbelanja online. Apalagi proses transaksi saat ini cenderung mudah dilakukan secara digital melalui internet banking. Dengan menonaktifkannya maka Anda bisa berpikir dua kali saat menggunakan dana tersebut untuk sesuatu yang tidak penting.

4. Menggunakan Deposito

Tips menabung 5 juta dalam setahun juga bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan tabungan deposito. Anda bisa bertanya tentang berapa nominal yang harus dibayarkan setiap bulannya. Selain bisa lebih konsisten, Anda bisa mendapat persentase dalam setiap tahunnya.

5. Menggunakan Fitur Autodebet

Anda bisa mempertimbangkan fitur autodebet agar tidak ada alasan lagi lupa menabung. Di mana jumlah nominal yang harus ditabung sudah diatur. Dengan adanya fitur ini, pembayaran bisa dilakukan secara otomatis dan terjadwal.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...