7 Cara Menabung untuk Menikah yang Efektif

Anggi Mardiana
17 November 2022, 20:06
cara menabung untuk menikah
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung untuk menikah perlu dilakukan dengan benar dan konsisten agar target cepat tercapai. Terlebih menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan ada banyak pengeluaran yang harus disiapkan. Mulai dari biaya gedung, catering, gaun pengantin, fotografer dan lainnya.

Hari pernikahan merupakan momen yang banyak dinantikan oleh sejumlah pasangan. Harapannya hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Karena itu banyak pasangan yang ingin menjadikan momen pernikahan sebagai awal hidup baru yang berkesan.

Cara Menabung untuk Menikah

Ada banyak cara menabung untuk menikah. Agar bisa mencapai target, Anda bersama pasangan bisa mengikuti 7 cara berikut:

1. Buat Rincian Anggaran untuk Menikah

Cara menabung untuk menikah pertama bisa dimulai dengan menyusun secara detail berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menikah. Silahkan buat estimasi harga dengan melakukan riset dari banyak vendor sebelum memutuskan harga berdasarkan kemampuan.

Dalam hal ini, Anda bisa merinci harga sewa gedung, biaya catering, sewa baju pengantin dan rias, undangan, souvenir dan lainnya. Pastikan tidak ada yang terlewat, Anda dan pasangan bisa mencari tahu biayanya dengan melakukan browsing di website atau blog.

2. Membuat Usaha Sampingan Bersama Pasangan

Mengutip traveloka.com, membuat usaha sampingan bersama pasangan bisa jadi cara efektif mengumpulkan dana untuk pernikahan agar target segera tercapai. Mengingat jumlahnya yang lumayan besar dan tidak bisa jika hanya mengandalkan gaji saja.

Jika diasumsikan gaji pasangan dan Anda masih kecil maka waktu untuk mengumpulkannya bisa memakan waktu lama. Akibatnya waktu pernikahan pun akan semakin lama tertunda. Sebagai referensi usaha sampingan bisa dicoba dengan membuka usaha clothing, blogger, kuliner atau les privat.

3. Buat Rekening Khusus untuk Menikah

Agar biaya menikah tetap aman dan tidak terpotong oleh kebutuhan lain, silahkan buat rekening khusus untuk menikah. Di sini, bisa mulai menyisihkan penghasilan yang dimiliki. Silahkan atur pendapat Anda bersama pasangan.

Membuat rekening khusus perlu dilakukan agar bisa berkomitmen dan konsisten terus menabung. Dengan begitu, uang akan tetap aman dari beragam kebutuhan lain di luar biaya pernikahan. Lakukan cara menabung untuk menikah ini secara konsisten dan hindari untuk mengambilnya.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...