Mencermati 5 Manfaat Semangka bagi Kesehatan Ibu Hamil

Destiara Anggita Putri
24 November 2022, 16:01
Manfaat Semangka bagi Kesehatan Ibu Hamil
Unsplash
Ilustrasi, buah semangka.

Selama masa kehamilan, apapun yang dikonsumsi sang ibu tentunya juga akan beerpengaruh bagi perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu menjaga asupan makan yang dikonsumsi setiap harinya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumi buah seperti semangka. Tidak hanya menyegarkan, buah ini juga yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C, A, B5, potasium, dan  tembaga yang diperlukan oleh ibu hamil. 

Lantas, apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil? Berikut penjelasan mengenai lima manfaat semangka bagi kesehatan ibu hamil di bawah ini. 

1. Dapat Mengurangi Risiko Preeklamsia

Mengkonsumsi buah semangka selama masa kehamilan ternyata dapat mengurangi risiko preeklamsia. Dikutip dari National Institute of Child Health and Human Development, preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan yang meningkat, dan hilangnya protein dalam urin. 

Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat serius dan bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur  bayi lahir prematur. Oleh karena itulah, ibu hamil disarankan untuk makan buah semangka. Hal ini dikarenakan semangka kaya akan likopen yang merupakan senyawa yang memberi pigmen merah pada buah ini.

Menurut penelitian di jurnal International Journal of Gynecology & Obstetrics, konsumi 4 mg likopen per hari atau sekitar 60% likopen yang ditemukan dalam 1 cangkir (152 gram) dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50%.

Tidak hanya likopen, buah semangka juga mengandung citrulline yang mampu menurunkan tekanan darah. Ketika kandungan ini masuk ke tubuh, maka nantinya akn diubah arginine.

Kemudian, kedua senyawa ini bekerja dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga tensi pun menurun. Hal inl jugalah yang dapat membantu mengurangi risiko preeklampsia. 

2. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan merupakan salah satu kondisi yang ditakuti oleh ibu hamil. Pada umumnya, ibu hamil yang terkena komplikasi akan mengalami keguguran, preeklamsia, atau kelahiran prematur.

Namun dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti semangka,hal ini dapat dihindari. Buah semangka sendiri mengandung dua antioksidan yang sangat baik bagi tubuh yaitu lutein dan lycopene.

Menurut riset yang dilakukan oleh Warsaw University of Life Science, dengan mengonsumsi 1 cangkir semangka maka 60% kebutuhan lycopene harian telah terpenuhi. 

Selain itu, riset ini juga membuktikan bahwa keuda kandungan antioksidan pada buah ii efektif menurunkan resiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan buah semangka kaya akan kalium yang merupakan salah satu jenis mineral dan elektrolit. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...