Penjelasan Bait Puisi dan Perbedaannya Secara Lengkap

Tifani
Oleh Tifani
30 November 2022, 12:55
Ilustrasi Bait Puisi
Katadata
Ilustrasi Bait Puisi

Puisi merupakan karya sastra dalam bentuk teks atau karangan, yang mengungkapkan rasa dan pikiran dengan mengutamakan keindahan kata pada setiap baitnya. Mengutip buku Sukses Menulis Puisi (2022) oleh Silfy dkk, puisi adalah ragam karya sastra yang bahasanya terikat oleh aturan-aturan seperti rima, irama, dan penyusunan larik dan bait.

Dalam membuat puisi, terdapat tata cara terntentu agar puisi tersebut mendapatkan nilai plus pada keindahan katanya.

Pengertian Bait Puisi

Penyusunan kata dalam puisi tidak jauh dari baris dan bait dalam puisi. Baris dan bait dalam puisi tersebut digunakan untuk mempercantik dan memudahkan pembaca dalam memahami dan menghayati setiap kata dalam puisi.

Baris dan bait memiliki definisi yang berbeda, sehingga membuat sebagian orang salah dalam mendefinisikan antara baris dan bait dalam puisi ini. Pengertian bait puisi adalah salah satu cara agar dapat memahami dan mampu membuat puisi dengan baik dan benar.

Pengertian bait puisi menurut laman Wikipedia.com adalah bagian teks puisi yang berirama, yang terdiri dari beberapa baris yang disusun menyerupai pengertian paragraph dalam sastra atau tulisan bebas. Sedangkan pengertian bait puisi menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) adalah satu kesatuan dalam puisi yang terdiri atas beberapa baris, seperti pantun yang terdiri atas empat baris.

Arti bait dalam puisi adalah bagian atau kumpulan paragraph dalam puisi yang didalamnya terdiri dari beberapa baris atau larik yang tersusun harmonis. Sama halnya dengan paragraph, bait memiliki fungsi sebagai pemisah antara topik inti dan topik pembahasan yang di ekspresikan dalam sebuah puisi.

Fungsi Bait Puisi

Umumnya satu bait puisi terdiri dari empat baris, namun ada juga yang menggunakan lebih dari empat baris dalam satu bait puisi. Bait juga memiliki fungsi, dimana fungsi ini merupakan unsur penting dalam sebuah puisi.

  1. Untuk memisahkan topik atau ide satu dengan yang lainnya.
  2. Memiliki fungsi sama seperti paragraph yakni berdasarkan letak kalimat utama dalam sebuah karangan.
  3. Bait dalam puisi memiliki konsep masing-masing yang tersaji dalam tujuan yang unik.
  4. Bait dapat terdiri dari baris-baris yang berima atau tidak berima.
  5. Jumlah bait dalam puisi lama terikat oleh kaidah-kaidah yang telah ditetapkan sedangkan dalam puisi baru jumlahnya bebas dan tidak dibatasi.

Contoh Bait Puisi

Dalam membuat puisi, penyair harus memperhatikan unsur unsur didalamnya, sehingga puisi tersebut dapat menarik minat orang yang membacanya. Terdapat perbedaan pada puisi lama dan puisi baru yakni terletak pada baitnya.

Pada bait puisi lama hanya dibolehkan beberapa saja sedangkan bait dalam puisi baru bebas tidak terikat jumlah.

  • Contoh Bait dalam Puisi Baru

Tema: Perjuangan

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...