Gedung DPR Kebakaran, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Agustiyanti
24 Februari 2020, 13:40
kebakaran, gedung dpr kebakaran, gedung nusantara III DPR
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas pemadam kebakaran berjalan memasuki ruangan Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2)

Sebanyak lima mobil pemadam kebakaran atau damkar dikerahkan untuk memadamkan api di Gedung DPR, Senayan. Api diduga muncul dari lantai 8 Gedung Nusantara III.

"Kami terima berita pukul 12.00 WIB. Saat ini proses pemadaman dan penyisiran," ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Gulkarmat, dikutip dari Antara, Senin (24/2).

Salah seorang saksi peristiwa, Edison Manurung mengatakan melihat asap muncul dari atas ruangan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di lantai 9 Gedung MPR/DPR/DPRD Jakarta.

"Jam 11.00 WIB, saya ada pertemuan dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membahas percepatan wisata Danau Toba. Dalam perjalanan pembicaraan kami, saya melihat asap di atas," kata Edison.

(Baca: Eks Pimpinan KPK Saut Situmorang Minta Harun Masiku Serahkan Diri)

Melihat muncul asap tebal. Ia pun berinisiatif keluar ruangan untuk mengecek sumber asap bersama dengan ajudan Bambang Soesatyo. Namun, tak terlihat api yang kemungkinan menjadi sumber asap.

Edison lantas meminta ajudan Bambang Soesatyo mengajak Ketua MPR RI itu keluar ruangan untuk menyelamatkan diri ke lantai bawah. Mereka turun menggunakan lift yang pada saat itu berposisi terbuka.

(Baca: Kasus Reksa Dana Dibubarkan OJK, Bagaimana Nasib Dana Investor?)

"Kami naik ke lift, sehingga di lift itu banyak asap, kami turun ke bawah. Dihadang dengan asap tadi dan puji tuhan bisa selamat sampai sekarang," kata Edison.

Pemadaman api hingga kini masih berlangsung. Belum diketahui apakah ada korban dan berapa kerugian akibat peristiwa tersebut.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...