Metode untuk Menghitung Sendiri Valuasi Bisnis Startup
Perusahaan rintisan (startup) termasuk yang bergerak di industri kreatif perlu memperkirakan valuasi bisnisnya sendiri. Ada banyak cara untuk menghitung nilai bisnis startup, salah satu yang lazim ialah metode comparable.
Investment Officer Kejora Ventures Emil Reven menjelaskan, metode tersebut pada intinya adalah cara memvaluasi bisnis dengan mengasumsikan pada level harga berapa kelak investor mau membeli startup Anda.
"Kami, perusahaan modal ventura, percaya kalau pengusaha yang jago akan bertemu dengan investor yang jago pula. Perhitungan kami sebagai ventura, selain bisa menghasilkan uang, apalagi yang bisa dikasih (dari startup)," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (15/11).
(Baca juga: Kolaborasi Startup Tingkatkan Valuasi Bisnis Sampai 20 Kali Lipat)
Para perusahaan rintisan perlu memerhatikan beberapa hal pada saat menghitung valuasi bisnisnya dengan metode comparable. Hal-hal yang dimaksud, yakni mencari perusahaan serupa, menghitung rerata valuasi di industri terkait, barulah menentukan valuasi startup Anda.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan rintisan bergerak di bidang e-commerce. Startup di kategori ini lazimnya memakai metrik utama gross merchandise value. GMV adalah total nilai penjualan seluruh barang di platform e-commerce selama kurun waktu tertentu.
Emil menyarankan, ketika membandingkan perusahaan sendiri dengan startup serupa, pilihlah perusahaan rintisan dalam tahap pendanaan yang sama. GMV maupun nilai valuasi startup lain tersebut bisa terlihat dari publikasi penggalangan dana yang mereka lakukan.
(Baca juga: Bocoran Google untuk Startup yang Ingin Jadi Unicorn)
Tatkala menghitung valuasi di industri yang dirambah startup Anda, perlu juga mengetahui penilaian gandanya. Valuation multiple ini berguna untuk menaikkan atau menurunan valuasi. Penilaian ganda (valuation multiple) adalah rasio yang dihitung dengan membagi valuasi suatu perusahaan dengan metrik utamanya.
Selain GMV terdapat metrik utama lain yang dapat dipakai, misalnya pemasukan tahunan, pinjaman tahunan yang telah disalurkan, dan pengguna aktif bulanan. "Startup pada tahap pendanaan early stage sebaiknya fokus ke valuation multiple itu," ujar Emil.
Setelah angka valuation multiple diperoleh barulah dapat memasukkan angka penilaian ganda ini ke GMV startup bersangkutan. Caranya ialah mengkalikan angka kelipatan atau multiple dengan GMV, barulah diperoleh nilai valuasi perusahaan rintisan Anda.
"Valuasi dengan metode comparable itu maksudnya kami (modal ventura) cuma mau beli startup Anda pada harga nanti investor lain mau beli juga. (Contoh) kalau kelak orang mau membeli sekitar empat kali lipat harga gelas, kami belinya tiga kali lipat," tutur Emil.
Istilah valuasi dapat dimaknai sebagai nilai ekonomi suatu usaha. Angka valuasi ini kerap dipakai sebagai rujukan untuk memproyeksikan potensi bisnis perusahaan. (Baca juga: Jokowi: Inovasi Startup Jangan Tertinggal dari Negara Lain)