Kebun Binatang Ragunan Buka 20 Juni, Pengunjung Dibatasi 1.000 Orang

Image title
11 Juni 2020, 11:22
kebun binatang ragunan buka, transisi psbb, new normal jakarta
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Petugas berjaga di pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Kebun Binatang Ragunan akan kembali dibuka pada Sabtu 20 Juni 2020, sebagai bagian dari fase transisi pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memasuki new normal di DKI Jakarta. Seluruh protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan virus corona atau Covid-19 bakal diterapkan dan diawasi dengan ketat oleh pengelola.

Pada pembukaan kembali ini jumlah pengunjung dibatasi maksimal 1.000 orang, selain itu anak berusia 0-9 tahun, ibu hamil, lanjut usia, dan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, jantung, TBC, gagal ginjal dan/atau penyakit komplikasi lainnya, dilarang berkunjung.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi kebun binatang Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan untuk mengurangi risiko penularan virus, pengunjung dengan suhu badan 37,5 tidak diizinkan masuk kawasan taman margasatwa. Penggunaan masker, hand sanitizer dan jaga jarak untuk pengelola dan pengunjung juga diwajibkan setiap saat.

"Pembatasan pengunjung selama masa transisi melalui pendaftaran online tiket pengunjung dengan jumlah pengunjung maksimal 1.000 orang per hari sejak Selasa hingga Minggu. Setiap hari Senin tetap diberlakukan hari libur satwa," kata dia melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (11/6).

(Video: Di Tengah Pandemi, Bagaimana Nasib Satwa di Ragunan?)

Sementara itu, untuk mencegah kerumunan dan membludaknya antrean di lokasi taman margasatwa, beberapa wahana permainan masih belum dibuka sementara waktu. "Penutupan wahana pusat primata schmutzer (PPS), taman satwa anak, kuda tunggang, kuda bendi, kereta keliling, penyewaaan sepeda, dan permainan anak," kata dia.

Lebih lanjut, Ketut menjelaskan, dalam lima tahun terakhir rata-rata jumlah pengunjung TMR telah mencapai lima juta orang per tahun. Taman margasatwa dengan luas 147 hektare tersebut memiliki koleksi satwa sebanyak 2.288 ekor dan jumlah pohon kurang lebih 50.000 pohon.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...