IPW Sebut 8 Kandidat Calon Kapolri Pengganti Idham Azis, Ini Daftarnya

Dimas Jarot Bayu
11 Juni 2020, 18:36
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kiri) menyematkan tanda jabatan kepada pejabat baru Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana (kedua kanan) dan pejabat baru Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Tomsi Tohir (kanan) saat Serah Terima Jabatan Pejab
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat Sertijab Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana di Mabes Polri Jakarta, Selasa (7/1/2020). IPW merilis delapan nama kandidat Kapolri pengganti Idham yang akan pensiun awal 2021

 Masa jabatan Jenderal (Pol) Idham Azis sebagai Kapolri saat ini akan habis dalam enam bulan ke depan. Indonesia Police Watch (IPW) mencatat ada delapan nama kandidat yang masuk dalam bursa calon Tribrata Satu yang baru.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, lima dari delapan nama calon kapolri berpangkat bintang tiga atau setingkat Komisaris Jenderal (Komjen). Sementara, tiga orang lainnya berpangkat bintang dua atau setara Inspektur Jenderal (Irjen).

“Kedelapan nama ini mulai dari lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 A hingga lulusan tahun 1991,” kata Neta dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6).

(Baca: Meningkat 27 Ribu Tahun Ini, Jumlah Polisi RI Capai 470,4 Ribu)

Menurut Neta, delapan nama yang masuk bursa calon Kapolri sudah dibahas di internal Korps Bhayangkara. Salah satunya adalah Kabaintelkam Komjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel.

Rycko baru ditunjuk sebagai Kabaintelkam pada Mei 2020 menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto. Dia juga merupakan mantan ajudan dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Neta mengatakan jika Rycko terpilih sebagai Kapolri maka hal tersebut akan menjadi fenomena baru. “Di mana mantan ajudan Presiden SBY bisa menjadi Kapolri di era Presiden Jokowi,” katanya.

Nama kedua yang masuk bursa calon Kapolri adalah Kabarhakam Komjen (Pol) Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kepala Satgas Operasi Aman Nussa II untuk Penanggulangan Covid-19. Ada pula nama Kepala BNPT Komjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...