Komitmen Mensos Risma Benahi Bansos Lewat Penyaluran Nontunai

Rizky Alika
23 Desember 2020, 14:14
tri rismaharini, bansos, kementerian sosial
Laily Rachev|Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) bersalaman dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini (kanan) usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali mengungkapkan rencananya usai dilantik PResiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/12). Risma akan mendorong transparansi dalam program bantuan sosial dengan mengubah transaksi yang semula dilakukan secara tunai menjadi transaksi elektronik.

Menurutnya, elektronifikasi bansos bisa dilakukan dengan cepat. Ia juga akan memperhitungkan masukan dari pemerintah daerah dalam pelaksanaannya.

Advertisement

"Tidak ada lagi cash atau tunai dalam bentuk apapun. Kami akan gunakan semua transaksi secara elektronik," kata Risma di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).

Selain itu, Risma akan melakukan perbaikan data penerima bantuan dengan menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Pembaharuan data juga akan dilakukan secara harian.

"Memang pasti ada selisih karena hari ini di-update, mungkin hari ini pula ada yang pindah, meninggal dan sebagainya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement