Usaha Sosial Kreatif Masih Terkendala Akses Pendanaan

Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
22 Mei 2021, 10:08
Usaha Sosial Kreatif Masih Terkendala Akses Pendanaan.
Katadata
Usaha Sosial Kreatif Masih Terkendala Akses Pendanaan.

Usaha sosial kreatif merupakan salah satu sektor penyumbang  Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip dari studi British Council menunjukkan sumbangan usaha kreatif pada 2015 lalu terhadap PDB sebesar Rp 852 triliun. Ekonomi kreatif juga turut menyumbang 7,3 persen dari PDB nasional.

Adapun pada 2016 lalu, sektor ekonomi kreatif penyumbang PDB terbesar yaitu kuliner dengan persentase 41,7 persen, fesyen 18 persen, dan kriya 15,7 persen. Dari 16 sub sektor, terdapat tiga sektor usaha kreatif dengan pertumbuhan tercepat, yakni desain komunikasi visual, musik, dan video animasi.

Dalam studi yang bertajuk “Creative and Social Enterpriese in Indonesia”, British Council berkolaborasi dengan United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) dan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) melakukan survei terhadap 1.388 responden yang terbagi dalam 332 usaha sosial, 435 usaha kreatif, dan 211 usaha sosial kreatif. Dari studi tersebut, ditemukan bahwa 22 persen usaha sosial bergerak di bidang ekonomi kreatif.

70 persen usaha sosial telah beroperasi selama dua tahun atau kurang. “62 persen usaha sosial didirikan dengan biaya lebih rendah telah berdiri selama 2 tahun, sedangkan usaha yang umurnya lebih dari lima tahun cenderung terdaftar sebagai yayasan,” tulis dalam studi tersebut. Studi British Council juga menemukan bahwa 22 persen usaha sosial berada di sektor pertanian dan, 16 persen di perikanan, pendidikan sebesar 15 persen dan jasa sebesar 13 persen.

Selain terbagi dalam sektor yang bervariasi, usaha sosial kreatif lebih inklusif dari usaha sosial maupun usaha kreatif. Pada 2019, jumlah rata-rata pekerja perempuan sebanyak 3,8. Sedangkan jumlah rata-rata pekerja muda di bawah 35 tahun adalah 3,9. Usaha sosial kreatif juga menyediakan lapangan kerja yang inklusif khususnya terhadap difabel yang rata-ratanya mencapai 1,2.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...