Punclut Surganya Wisata Kuliner di Bandung

Siti Nur Aeni
15 Juni 2021, 09:20
Potret pemandangan alam di kawasan Punclut, Bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Potret pemandangan alam di kawasan Punclut, Bandung.

Seputar Punclut Bandung

Punclut terletak di sebelah utara Kota Bandung. Punclut merupakan singkatan dari kalimat Puncak Ciumbuleuit. Daerah ini berjarak sekitar 7 kilo meter dari pusat Bandung. Jika datang saat akhir pekan atau saat musim liburan, Kamu akan melihat lalu-lalang orang untuk berwisata.

Tempat ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Destinasi wisata yang berada di Punclut ini biasanya mengusung konsep wisata alam. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis dari kawasan tersebut.

Kawasan Punclut ini memiliki luas sekitar 286 hektare, sungguh luas bukan? Mungkin karena memiliki lahan luas maka tempat tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata yang dapat menghasilkan income bagi masyarakat sekitar.

Suhu di lokasi ini cukup hangat yakni 15 sampai 22 derajat celcius, tidak sedingin Lembang dan tidak sepanas pusat Kota Bandung. Suhu udara tersebut akan sangat nyaman untuk bermain dan menghabiskan waktu di sana.

Suguhan pemandangan di sana tak biasa. Salah satunya yakni kondisi Kota Bandung. Kamu dapat melihat penampakan geografis Kota Bandung yang berbentuk cekunga dari kawasan ini. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melihat beberapa gunung di Bandung seperti pegunungan Patuha, Malabar, dan pegunungan waringin.

Saat cuaca cerah, Kamu juga dapat melihat beberapa landmark Kota Bandung yang sangat ikonik seperti Masjid Raya Jawa Barat dan juga Jembatan Pasupati. Secara tidak langsung, ketika di kawasan Punclut, Kamu dapat melihat Kota Bandung dan seisinya dari kejauhan. Sungguh sangat menarik bukan?

Menuju kawasan ini tidaklah sulit. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat akses menuju ke sana juga mudah. Jika dari arah pusat kota, Kamu dapat mengambil arah ke Bandung Utara tepatnya menuju daerah Ciumbuleuit dan turun di daerah sekitar Rumah Sakit Salamun kemudian jalan sedikit menuju jalan Bukit Raya.

Kawasan Punclut ini juga bisa kamu akses menggunakan beberapa jalur alternatif, salah satunya yaitu rute menuju Lembang. Hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan ke tempat tersebut menggunakan jalur alternatif adalah kondisi jalan yang sempit serta menanjak, sehingga harus ekstra berhati-hati, terlebih saat musim hujan. Di jalur alternatif tersebut biasanya banyak warga setempat yang stay untuk membantu para wisatawan yang kesulitan saat melewati jalur tersebut.

Wisata Kuliner di Dago Bakery Punclut

Sama halnya dengan Lembang, tempat ini juga menjadi sentra dari tempat wisata. Di kawasan ini juga banyak tempat wisata unik yang mengusung konsep berbeda dengan tempat wisata lainnya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Dago Bakery Punclut.

Dago Bakery atau ada pula yang menyebutnya sebagai Punclut Dago  ini sebenarnya sebuah restaurant. Ketika datang ke tempat ini tentu saja yang dituju makanannya. Berbeda dengan tempat makan lainnya, Dago Bakery memiliki desain yang sangat unik. Desain restaurannya tak biasa, yakni dengan mengangkat konsep dan nuansa Eropa.

Gaya bangunan dan desain interior yang ada di Dago Bakery Punclut ini memang berkiblat pada arsitektur Eropa. Siapa saja yang datang kemungkinan merasa kagum dan tak mau kehilangan momen untuk mengabadikan melalui jepretan kamera.

Tak heran, jika akhirnya mereka yang datang ke tempat ini tidak cukup untuk menikmati menu makanan, juga menghabiskan waktu untuk berfoto di beberapa spot foto di rumah makan tersebut.

Dago Bakery ini berlokasi di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi. Lokasi ini cukup strategis membuat pengunjung yang hendak singgah tidak kesulitan untuk menemukannya. Tempat makan ini buka dari pagi sekitar pukul 09.00 sampai malam sekitar pukul 22.00. Jam operasional dapat berubah kapan saja, seperti di era pandemi saat ini, mengikuti kebijakan pemerintah setempat.

Menu Dago Makanan Punclut Dago

Tempat ini menyajikan banyak makanan enak yang dapat kamu nikmati saat datang ke kawasan Punclut. Beberapa menu yang tersedia sangat beragam mulai dari makanan khas Sunda nasi bakar, siomay, dan beberapa makanan trasidional dan makanan khas Indonesia lainnya sampai makanan ala westren seperti spaghetti, salad, dan beberapa maknan lezat lainnya juga ada di tempat ini.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...