Pemerintah Kembali Batalkan Keberangkatan Jamaah Haji Tahun Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
5 Juni 2021, 08:00
PEN #3
KC PEN

Jakarta-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia tahun ini karena situasi dunia yang masih dibelenggu pandemi.

“Keputusan ini diambil demi keselamatan jamaah. Ini memang pahit, tapi inilah yang terbaik. Semoga ujian Covid-19 segera usai,” ujar Yaqut pada Jumat.

Advertisement

 Yaqut menambahkan bahwa pihaknya telah berkonsultasi dengan berbagai pihak sebelum akhirnya keluar dengan opsi pembatalan ini. Berbagai opsi terkait persiapan, pelaksanaan dan dampak kesehatan yang akan dihadapi oleh para jemaah telah didiskusikan secara mendalam dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan.

Tak lupa, ia menambahkan bahwa pihaknya juga sudah berdiskusi dengan Majelis Ulama Indonesia dan meminta masukan dari Dewan Perwakilan Rakyat.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, sebelumnya juga sudah secara terbuka meminta pemerintah untuk bersikap tegas dalam urusan ini.

Tugas terberat pemerintah, tambah Ace, dalam hal ini adalah memastikan kesehatan para jamaah.

“Sudah selayaknyalah pemerintah bersikap realistis dalam hal ini,” ujarnya, sebagaimana dikutip oleh www.kontan.go.id.

Tahun ini menjadi kali kedua Indonesia tidak memberangkatkan jamaah hajinya ke Tanah Suci untuk alasan pandemi.

Yaqut mengakui bahwa situasi penyebaran Covid-19 yang tak kunjung usai, ditambah dengan kenyataan bertambah banyaknya penularan di  berbagai negara yang akhirnya memaksa pemerintah melakukan pembatalan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement