Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Vaksin Covid-19 di Bali

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Juni 2021, 18:52
Wisatawan menikmati suasana saat mengunjungi di Pantai Sindhu, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (9/6/2021). Pemerintah merancang paket wisata vaksin Covid-19 di Bali.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Wisatawan menikmati suasana saat mengunjungi di Pantai Sindhu, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (9/6/2021). Pemerintah merancang paket wisata vaksin Covid-19 di Bali.

Industri pariwisata kembali tertekan seiring kenaikan kasus Covid-19 dan pengetatan PPKM. Sementara itu, program vaksinasi Covid-19 terus berjalan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kini merancang paket wisata vaksin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Bali akan menjadi destinasi wisata pertama yang menerapkan program wisata berbasis vaksin tersebut.

“Sehingga bukan hanya masyarakat Bali yang mendapatkan vaksin, tapi kami pastikan juga para wisatawan yang masuk ke Bali, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sudah dalam kondisi tervaksin,” kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Selasa (22/6).

Sandiaga mengatakan, program ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin memperluas program vaksinasi secara masif untuk memutus rantai penularan virus corona. Ia menambahkan, program tersebut akan lebih dulu difokuskan bagi wisatawan domestik, sebab program travel corridor arrangement (TCA) Bali belum akan dibuka dalam waktu dekat.

“Tentunya vaksin ini akan diberikan secara gratis. Atas perintah dari Presiden, program ini nantinya bisa menggunakan vaksin yang digunakan pada vaksinasi gotong royong. Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian BUMN,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, skema paket wisata vaksin Covid-19 bisa dimulai dengan vaksinasi dosis pertama di daerah atau negara asal sebelum keberangkatan ke destinasi wisata. Selanjutnya wisatawan akan mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebelum kembali pulang.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...