Jokowi Sidak PPKM Mikro di Jakarta Pusat, Minta Gubernur Ikut Awasi

Rizky Alika
25 Juni 2021, 18:05
ppkm mikro, jokowi, covid-19, virus corona, pandemi corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ilustrasi pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta.

Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM skala mikro di Rawasari, Jakarta Pusat. Kepala Negara ingin memastikan pengawasannya di lapangan berjalan dengan baik.

"Saya memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM mikro berjalan atau tidak berjalan. Tadi disampaikan Bu RW (rukun warga) dengan yakin, PPKM mikro berjalan," kata Jokowi di RW 1 Rawasari, Jakarta, Jumat (25/6).

Advertisement

Mantan Wali Kota Solo itu pun berharap PPKM mikro dapat berjalan di seluruh RT (rukun tetangga), RW, kampung, dan desa. Ia meminta gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Tanah Air dapat memastikan hal tersebut.

Selain itu, panglima komando daerah militer (Pangdam), kepala kepolisian daerah (Kapolda), komandan resor militer (Danrem), komandan distrik militer (Dandim), kepala kepolisian resor (Kapolres), bintara pembina desa (Babinsa), dan bhayangkara pembina kamtibma (Bhabinkamtibmas) diminta turun tangan untuk mendampingi pemerintah daerah.

Pengawasan di lapangan saat ini menjadi penting. "Percuma membuat kebijakan tapi di bawah tidak berjalan," ujar dia.

Aturan PPKM Mikro Jakarta

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatasi sejumlah kegiatan di ibu kota saat adanya perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro selama dua pekan ke depan. Hal tersebut diatur dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 796 Tahun 2021.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement